ANALISIS PENERIMAAN SISTEM UJIAN ONLINE BERBAYAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN WEBQUAL

  • Eko Setiawan Universitas Bina Darma
  • Darius Antoni Universitas Bina Darma
  • Ahmad Haidar Mirza Universitas Bina Darma
Keywords: Technology, TI, TAM, Webqual, PLS, ujian online berbayar

Abstract

Technology Acceptance Model (TAM) dan Webqual merupakan teori penerimaan  teknologi yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat lima konstruk yang  digunakan dan merupakan gabungan dari konstruk-konstruk asli yang terdapat dalam TAM dan Webqual. Kelima konstruk tersebut adalah kemudahan pengguna persepsi (perceived ease of use / PEOU), kegunaan persepsi (perceived  usefulness / PU), kualitas interaksi layanan  (Service Interaction Quality of Website/ Web-SQ), kualitas informasi (Information Quality of Website/ Web-IQ), dan minat perilaku menggunakan teknologi (behavioral intention to use / BIUS). Model gabungan ini selanjutnya digunakan untuk meneliti sistem ujian online berbayar dengan studi kasus qualitiva.id. Penelitian ini selanjutnya akan menjelaskan tentang penerimaan sistem ujian online berbayar  pada pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden yang merupakan siswa LKP PalComTech Palembang dengan menyebarkan kuesioner tertutup. Terdapat 142 sampel penelitian yang dianalisis menggunakan metode PLS dengan software smartPLS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Konstruk PEOU mempengaruhi konstruk AT; (2) Konstruk PU mempengaruhi konstruk AT; (3) Konstruk AT pengaruh terhadap konstruk BIUS; (4) Konstruk Web-SQ  tidak memiliki  pengaruh  terhadap  konstruk BIUS;  (5)  Konstruk Web-IQ mempengaruhi konstruk BIUS; dan (6) Konstruk BIUS tidak memiliki pengaruh terhadap konstruk BV;. Selain itu koefisien variabel laten PU terhadap AT memiliki nilai paling besar diantara nilai koefisien variabel laten pada model hubungan antar konstruk lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Rianto. 2010. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta : Granit

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes(50:2), pp. 179-211.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Square Approach to Structural Equation Modeling. In Modern Methods for Business Research(pp. 295, 336).

Compeau, D.R., dan Higgins, C.A. 1995a. Application of Social Cognitive theory to Training for Computer Skills. Information Systems Research (6:2), pp. 118-143.

Davis, F. (1986). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-user Information Systems: Theory and Result. In Doctoral dissertation Sloan School of management MIT.

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly (13:3), pp. 319-339.

Fauzi, Muchammad. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Walisongo.

Ghozali, I. (2011). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair et al., (1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New Jersy.

Hartanto, A. A., & Purbo, O. W. (2002). Buku pintar internet teknologi sistem ujian online berbasis PHP dan MySQL. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Jogiyanto, P. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kerlinger, F.N. 1986. Foundations of Behavioral Research, Edisi ke-3, New York, Macmillan.

Mathieson, K. (1991). Predicting User Intentions: Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. In Information Systems Research (2) (pp. 173-191).

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sugiarto,dkk..teknik sampling. 2003.gramedia:Jakarta

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2005). [online] Available FTP: http://www.ipi.or.id/elearn.pdf. Tanggal akses 15 November 2016

Smaratungga. (2009). [online] Available FTP: http://smaratungga.ning.com. Tanggal akses: 21 November 2016.

Taylor, S., & Todd, P. A. (1995). Understanding Information Technology Usage: A Test of Competing Models. Information Systems Research (6:1), 144- 176.
Published
2019-02-06
Section
Articles
Abstract viewed = 80 times
Download PDF : 106 times