EVALUASI KINERJA TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS: PT. ADICIPTA INOVASI TEKNOLOGI)

  • Antonius Antonius Universitas Kristen Satya Wacana
  • Christ Rudianto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Penidas Fiodinggo Tanaem Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Evaluasi Kinerja, Tata Kelola Teknologi Informasi, Perusahaan, Framework COBIT 5, Domain Deliver Support and Services

Abstract

Keberadaan dari teknologi informasi (TI) saat ini sudah menjadi hal yang penting bagi suatu oganisasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Dengan adanya penggunaan dan penerapan TI, proses bisnis suatu organisasi dapat terbantu contohnya seperti memperoleh informasi yang akurat, tepat waktu, relevan dan membantu pengambilan keputusan. Implementasi TI sendiri membutuhkan investasi yang besar dan resiko yang tinggi, implementasi TI perlu mekanisme tata kelola TI untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh agar tujuan bisnis suatu organisasi benar-benar dapat dicapai secara efektif dan efisien dengan adanya penggunaan TI. PT. Adicipta Inovasi Teknologi (AdIns) adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 2000 dengan tujuan untuk menjadi penyedia solusi di bidang teknologi informasi untuk mitra perusahaan dan organisasi. Dalam proses bisnis intinya, PT. Adicipta Inovasi Teknologi sangat tergantung dengan teknologi informasi, hampir semua aktivitas menggunakan teknologi informasi seperti komunikasi dengan pihak luar, pencatatan data perusahaan atau organisasi mitra, perhitungan keuangan dan untuk evaluasi pekerjaan. Teknologi informasi yang ada sangat membantu keberlangsungan PT. Adicipta Inovasi Teknologi, tetapi dalam proses bisnis sehari-harinya masih ditemui kendala atau permasalahan untuk penggunaan teknologi informasi yang ada, contohnya adalah seperti belum semua pegawai menguasai sistem yang dimiliki oleh perusahaan, database yang jarang diupdate, dan belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk setiap proses yang ada di perusahaan. Sehingga menimbulkan hasil yang tidak maksimal bagi perusahaan. untuk pengembangan produk, dan standar produk yang digunakan sudah ketinggalan jaman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan COBIT 5 dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja tata kelola teknologi informasi yang ada di PT. Adicipta Inovasi Teknologi pada domain DSS (Deliver, Service, Support) menunjukan PT. Adicipta Inovasi Teknologi telah mengimplementasikan semua sub domain DSS. Namun, sampai sekarang masih belum sepenuhnya melakukan dokumentasi dan proses pengelolaan yang baik. Hal ini terlihat dari hasil penilaian proses capability level dari sub domain yang ada menunjukan 4 dari 6 sub domain masih berada pada level 1, Performed Process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achyar A.R., dkk. 2015. Analisis Audit Sistem Informasi Berbasis COBIT 5 Pada Domain Deliver, Service, and Support (DSS) (Studi Kasus: SIM-BL di Unit CDC PT. Telkom Pusat. Tbk). Universitas Telkom.

ISACA. 2014. COBIT 5 Principles, Process Reference Model.

ISACA. 2014. COBIT 5: A Business Framework for Governance & Management. USA: IT Governance Institute.

ISACA. 2014. COBIT Process Assesment Model (PAM): Using COBIT 5. Rolling Meadows: ISACA.

ISACA. 2015. COBIT 5. United States of America: IT Governance Institute.

Stefan, A., dkk. 2017. Analisis Risiko Teknologi Informasi Menggunakan ISO 31000 pada Program HRMS. Jurnal RESTI Vol. 1 No.3(2017) 250-258.

Wijaya A. F., dkk. 2017. Evaluasi Kinerja Sistem Informasi E-Filing Menggunakan COBIT 5 Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Salatiga. JUTEI UKDW.

Yanuar F., dkk. 2015. Audit Teknologi Informasi menggunakan Framework COBIT 5 Pada Domain DSS (Delivery, Service, and Support) (Studi Kasus: iGracias Telkom University). Universitas Telkom.

Yap, Pardjo. 2017. Panduan Praktis Manajemen Risiko Perusahaan. Growing Publishing.
Published
2020-07-25
Section
Articles
Abstract viewed = 74 times
Download PDF : 69 times