Perencanaan Strategis Sistem Informasi dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard pada Perusahaan Distributor
Abstract
Sumber Makmur Sragen adalah salah satu perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan alat tani. Dalam menjalankan bisnis nya CV. Sumber Makmur sudah memiliki sistem informasi. Namun ada beberapa bagian yang masih belum menerapkan sistem informasi. Maka perlu dilakukan perencanaan SI/TI yang tepat. Pengambilan data pada penelitian ini dengan wawancara dan observasi untuk mengetahui lingkungan bisnis dan sistem informasi perusahaan. Metode yang digunakan adalah Ward And Peppard dengan analisis SWOT, Five Forces Porter dan McFarlan Strategic Grid. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi strategi, memberikan Analisa lingkungan internal, eksternal sistem informasi perusahaan dan usulan sistem informasi. Yaitu Sistem Informasi Barang, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Penjualan, Sistem Informasi Penggajian dan Sistem Informasi Kasir yang akan dipetakan menggunakan McFarlan Strategic Grid dan dapat di terapkan dalam tiga tahun kedepan.
Downloads
References
[2] A. Wiyono, and A. F. Wijaya “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Semarang Menggunakan Ward And Peppard”, JBK : Jurnal Bina Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 23-32, 2020.
[3] V. D. R. Damara, and A. F. Wijaya “Perencanaan Strategis SI/TI Pada Document Management Menggunakan Ward And Peppard (Studi Kasus : PT. Visionet Data International)”, JBK : Jurnal Bina Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 33-43, 2020.
[4] A. M. Nanlohy and A. F. Wijaya, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi / Teknologi Informasi Pada Perusahaan Manufaktur Menggunakan Metodologi Ward and Peppard: Studi Kasus: PT. Cerah Indah Grafika, Semarang.”, 2016.
[5] J. Ward, P. M. Griffiths, and P. Whitmore, Strategic planning for information systems, vol. 3. Wiley Chichester, 2002.
[6] A.Wedhasmara,“LANGKAH-LANGKAH PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD “, J. Sist. Inf., vol 1, no.1, pp. 14-22, 2009.

