APLIKASI RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ALUMNI PERGURUAN TINGGI DI KOTA JAYAPURA BERBASIS WEB (STUDI KASUS STMIK UMEL MANDIRI)

  • Nur Ain Banyal STMIK Umel Mandiri
  • Liza Angriani STMIK Umel Mandiri
  • Surianti Surianti STMIK Umel Mandiri
Keywords: Sistem Informasi, Alumni, Web, Black Box, Database.

Abstract

Abtrak Sistem Informasi Alumni merupakan salah satu sistem informasi yang dirancang untuk dapat membantu suatu pekerjaan dari suatu instansi pendidikan khususnya diperguruan tinggi dalam memperoleh data alumni sehingga dapat memberikan data tersebut secara lengkap lewat tersedianya layanan informasi berbasis web. Alumni juga memiliki peranan penting untuk pengembangan institusi pendidikan. Karena alumni bisa berperan sebagai cermin kualitas sebuah institusi pendidikan. Dengan adanya informasi tentang alumni yang baik secara tidak langsung dapat meningkatkan citra baik perguruan tinggi terhadap masyarakat umum. Sampai saat ini masih banyak perguruan tinggi yang belum memanfaatkan penggunaan sistem dalam pendataan dan penelusuran alumni, yang diharapakan mempermudah dalam hal pengolahan data alumni tersebut, selain itu dengan sistem informasi dapat memfasilitasi berbagai keperluan tambahan seperti penelusuran alumni, berita dan informasi kegiatan lowongan kerja. STMIK Umel Mandiri dalam mendata alumninya masih manual dimana alumni hanya mengisi form yang diberikan kepada mahasiswa,Untuk  mempermudah pendataan alumni  STMIK Umel Mandiri, diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menginformasikan data alumni. Agar mendapatkan informasi yang akurat dan mudah dalam pengaksesan datanya, oleh karena itu judul penelitian ini adalah “Aplikasi Rancang Bangun Sistem Informasi Alumni Perguruan Tinggi Di Kota Jayapura Berbasis Web”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan observasi dan survei. Alat yang digunakan adalah Flowchard dan DFD. Dengan database yang digunakan yaitu PHP dan MySQL. Pengujian system dilakukan dengan menggunakan metode Black Box, dari hasil analisis input data bahwa proses input data berjalan lancar kecuali terjadi kesalahan kode yang nanti akan membuat sistem memunculkan pesan error.  

Published
2021-04-06
How to Cite
Banyal, N., Angriani, L., & Surianti, S. (2021). APLIKASI RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ALUMNI PERGURUAN TINGGI DI KOTA JAYAPURA BERBASIS WEB (STUDI KASUS STMIK UMEL MANDIRI). Jurnal Ilmiah Matrik, 23(1), 94–99. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i1.1215
Section
Articles
Abstract viewed = 840 times
PDF : 744 times