KONTROL DIRI DITINJAU DARI IMPULSIVE BUYYING PADA BELANJA ONLINE

  • Desy Arisandy Universitas Bina Darma
Keywords: Kontrol diri, Implusive buyying, Belanja online

Abstract

Tujuan dari penelitiaan ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Kontrol Diri dengan Impulsife Buyying pada mahasiswa Fakultas Psikologi di Perguruan Tinggi wilayah Palembang yang melakukan belanja online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang bersifat korelasional, karena penelitian ini lebih menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan menggunakan uji statistika, pendekatan kuantitatif ini dimaksudkan untuk menguji hipotesis yang telah disusun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah penyebaran skala, yaitu skala Kontrol Diri dan skala Impulsive Buyying  kemudian diolah dengan menggunakan computer program SPSS 13.0 for windows.  Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai  = 0.497 dengan nilai signifikansi (p) = 0,001 atau dengan kata lain p < 0,01. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kontrol diri dan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi perguruan tinggi wilayah palembang. Besarnya nilai sumbangan kontrol diri (variabel bebas) terhadap impulsive buying (variabel terikat) adalah 18.12 % yang berarti bahwa masih terdapat 81.88 % dari faktor lain yang mempengaruhi impulsive buying tetapi variabel itu tidak diteliti oleh peneliti.

References

Tujuan dari penelitiaan ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Kontrol Diri dengan Impulsife Buyying pada mahasiswa Fakultas Psikologi di Perguruan Tinggi wilayah Palembang yang melakukan belanja online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang bersifat korelasional, karena penelitian ini lebih menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan menggunakan uji statistika, pendekatan kuantitatif ini dimaksudkan untuk menguji hipotesis yang telah disusun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah penyebaran skala, yaitu skala Kontrol Diri dan skala Impulsive Buyying kemudian diolah dengan menggunakan computer program SPSS 13.0 for windows. Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai F = 0.497 dengan nilai signifikansi (p) = 0,001 atau dengan kata lain p < 0,01. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kontrol diri dan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi perguruan tinggi wilayah palembang. Besarnya nilai sumbangan kontrol diri (variabel bebas) terhadap impulsive buying (variabel terikat) adalah 18.12 % yang berarti bahwa masih terdapat 81.88 % dari faktor lain yang mempengaruhi impulsive buying tetapi variabel itu tidak diteliti oleh peneliti.
Published
2019-01-18
How to Cite
Arisandy, D. (2019). KONTROL DIRI DITINJAU DARI IMPULSIVE BUYYING PADA BELANJA ONLINE. Jurnal Ilmiah Psyche, 11(2), 63-74. Retrieved from http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalpsyche/article/view/9
Section
Articles
Abstract viewed = 51 times
Pdf : 240 times