Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk.

  • Riana magdalena Atma Jaya Catholic University of Indonesia
  • Maria Angela Krisanti Atma Jaya Catholic University of Indonesia
Keywords: hipotesis, independent Sample T-test, Uji T, rekonsiliasi

Abstract

  1. Merck, Tbk. merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan obat dengan memproduksi obat yang dituju untuk pasar over-the-counter (OTC) seperti Sangobion dan Neurobion dan juga pasar obat resep untuk rumah sakit. Berdasarkan Packaging Work Sheet (PWS) dari produk “X” yang diproduksi di PT. Merck, Tbk. ditemukan rekonsiliasi pada finished goods yang melebihi spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya oleh perusahaan. Rekonsiliasi merupakan perbedaan antara jumlah material yang masuk dengan material yang keluar sehingga jika rekonsiliasi melebihi yang seharusnya maka PT. Merck, Tbk. dapat mengalami kerugian karena jumlah material yang jadi tidak sesuai dengan material yang diproduksi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka penulis melakukan pengolahan data menggunakan hipotesis statistik dengan menggunakan metode pengujian Independent Sample T-Test untuk mengetahui proses produksi apa yang berpotensi menyebabkan rekonsiliasi pada finished goods produk “X”. Dengan diketahuinya penyebab dari rekonsiliasi maka dapat dicari solusi yang tepat untuk mengatasi rekonsiliasi tersebut. Dari pengolahan data yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat perbedaan secara nyata antara berat rata-rata core tablet dengan berat coated tablet yang menandakan bahwa proses sugar coating berpengaruh secara signifikan terhadap variasi berat yang berpotensi menyebabkan rekonsiliasi. Oleh karena itu, ditentukan solusi yang tepat untuk memperbaiki proses tersebut.

Author Biographies

Riana magdalena, Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Industrial Engineering Department

Maria Angela Krisanti, Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Industrial Engineering Department

References

[1] Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
[2] Hidayat, Baron, Fatma I. dan Muliadi. (2015). Implementasi Independent T-Test pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Ragam dan Gerak Seni Tari Daerah Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmu Komputer 2(1), 11-21.
[3] Nasution, S. (2000). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
[4] Siegel, S. (1994). Statistik Non Parametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.
[5] Walpole, R.E., R.H. Myers. (!995). Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan Edisi ke-4. Bandung: Penerbit ITB
Published
2019-10-29
How to Cite
[1]
R. magdalena and M. Angela Krisanti, “Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk.”, jtekno, vol. 16, no. 2, pp. 35 - 48, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 29 times
Download PDF : 12 times