PENGENDALIAN MUTU PRODUK SEMEN MELALUI PENDEKATAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC)

  • Danil Saputra Universitas Bina Darma
  • Ch. Desi Kusmindari Universitas Bina Darma
  • Renilaili Renilaili Universitas Bina Darma
Keywords: Statistical Quality Control, Diagram Pareto, Fish Bone, Tube Mill

Abstract

Semen Baturaja (Persero) tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi semen di sumatera selatan. Produk yang diproduksi berupa produk semen OPC dan PCC, Suatu produk tentunya tidak terlepas dari permasalahan produk tidaksesuai standar kualitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengendalian kualitas dan faktor – faktor apa saja yang menyebabkan ketidaksesuaian kualitas produk yang diproduksi oleh PT. Semen Baturaja, pengukuran produk tidaksesuai standar berdasarkan lima parameter pengukuran kualitas, yakni Blaine, Residu 45µm, SO3, FCaO dan LOI, dengan menggunakan metode Statistical Quality Control, diagram Pareto dan Diagram sebab akibat, diperoleh hasil analisis yakni, parameter Residu 45µm dan Blaine memiliki jumlah ketidaksesuaian yang paling dominan yakni 71,9% dan 23,7%, yang berarti Penyebab terbesar ketidaksesuaian produk adalah mesin Tube Mill, dimana volume ball mill <80% yang mengakibatkan proses penggilingan material menjadi tidak optimal.

Author Biographies

Danil Saputra, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

Ch. Desi Kusmindari, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Elektro

Renilaili Renilaili, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

References

Chandra Bhakti, Riyan. 2017. Pengendalian kualitas Proses Kemasan IN BAGS Menggunakan Six Sigma Dan Seventools. Universitas Bina Darma. Palembang
G.Roger Schroeder, Manajemen Operasi, Jilid 2, Edisi 3, Salemba Empat, Jakarta, 2007.
Ginting, Rosnani. 2017. Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Heru Setawan, Analisis Kualitas Guna Mengurangi Tindkat Kerusakan Keramik Menggunakan Statistical Quality Control, Jurnal Universitas Bina Darma Palembang, Diakses 15 Desember 2016.
Khoirul Hadi, M. 2017. Analisis Quality Control Terhadap Risiko Kerusakan Produk, Universitas Islam Negeri. Lampung
Mardiono. 2015. Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Pendekatan Six Sigma Dan Seventools. Universitas Bina Darma Palembang
Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, Edisi kedua, Ghalia Indonesia, 2005.
Shigeru Mizuno, Pengendalian Mutu Perusahaan Secara Menyeluruh, Seri Manajemen No 151, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1994.
Syukron, Amir dan Muhamad Kholil. 2013. Six Sigma Quality For Business Improvement. Yogyakarta : Graha Ilmu
Published
2019-10-31
How to Cite
[1]
D. Saputra, C. Kusmindari, and R. Renilaili, “PENGENDALIAN MUTU PRODUK SEMEN MELALUI PENDEKATAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC)”, jtekno, vol. 15, no. 1, pp. 1–17, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 1188 times
Download PDF : 757 times