PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK (VERSI TERBARU) DAN KREATIVITAS ANAK

  • Tri Buana
  • Dwi Maharani
Keywords: Tik Tok, Kreativitas, Anak

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas
Anak”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui daya kreativitas anak usia 8-12 tahun.
Media isosial tik tok adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang
diluncurkan pada September 2016. Kreativitas mengacu pada kemampuan yang menandai ciriciri seorang kreatif. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik
pendek mereka sendiriTeori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Sosial Kognitif yang
dikembangkan oleh Albert Bandura dan Implementasi Teori Kreativitas yang dikembangkan oleh
Wallas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif, menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara,
observasi serta dokumentasi. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani No.1375,
Plaju, Sumatera Selatan. Informan pada penelitian ini terdiri dari informan utama dan informan
pendukung. Informan utama pada penelitian ini adalah Sakha Ibadil Qiram dan Naura sebagai
Konten Kreator, beserta Khanaya Azzahra Salsabilla sebagai pengguna aktif aplikasi Tik Tok.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa tik tok sebagai salah satu rekreasi dan salah
satu media anak untuk mengeksplore diri dan berpikir kreatif dan sebagai penghibur anak.

References

Ali, M. Asrori, M. 2014. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto Suharsini. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Gravindo
Atwi Suparman. M. 2012. Desain Intruksional Modern. Jakarta : Erlangga
Bambang Riyanto. 2014. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi. Keempat. Cetakan Ketujuh, BPFE Yogyakarta
Beetlestone, Florence. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media
Caropeboka, Ratu Mutialela. 2017. Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: ANDI
Hafied Cangara, 2010. Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Jalaludin Rahmat. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Jarvis, Matt. 2012. Teori-Teori Psikologi. Pendekatan Modern Untuk Memahami Perilaku Perasaan Dan Pikiran Manusia.
J. Supranto. 2000. Statistik (Teori & Aplikasi) Edisi Keenam. Jakarta: Prehallindo.
Littlejohn, Stephen. 2012. Teori Komunikasi. Jakarta. Salemba Humanika.
Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
Santrock,JohnW. 2012. Life-span Development. 13 th Edition. University of Texas, Dallas: Mc Graw-Hill
Setiadi,dkk. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana
Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Internet:
http://kulpulanmateri.blogspot.com/2012/10/teori-wallasteori-tentang-proses.html. Diakses 29 November 2019
http://repository.radenintan.ac.id/8430/1/SKRIPSI.pdf. Diakses 29 november 2019
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/4319.Diakses 29 november 2019
https://newsroom.tiktok.com/in-id/for-youpage. Diakses 15 September 2020
https://review.bukalapak.com/techno/apa-itucara-pakai-tiktok-111058 Diakses 19 September 2020
Published
2020-07-07
How to Cite
Buana, T., & Maharani, D. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK (VERSI TERBARU) DAN KREATIVITAS ANAK. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.33557/ji.v14i1.1390
Section
Articles
Abstract viewed = 1075 times
download : 9641 times