KOMUNIKASI PARIWISATA PERTAMBANGAN KABUPATEN BANGKA

  • Ferdiana Ferdiana
  • Isna Wijayani
Keywords: Komunikasi, Pariwisata, Pertambangan

Abstract

Akibat dari pertambangan, terjadi perubahan bentang alam yang mengakibatkan
kerusakan lingkungan. PT.Timah, Tbk sebagai BUMN yang bergerak di sektor tambang
timah berupaya melakukan reklamasi dalam bentuk lain yakni wisata pertambangan
diantaranya. Tujuan penelitian ini untuk mengananalisis penerapan komunikasi pariwisata,
strategi komunikasi dan kebermanfaatan wisata tambang bagi khalayak. Metode penelitian
yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan penelitian
bahwa strategi komunikasi yang telah dilakukan oleh humas PT.Timah, Tbk antara lain
mengenal khalayak dengan cara mengidentifikasi tujuan wisata tambang. Lalu pesan disusun
dengan tema-tema yang mengusung keunggulan wisata tambang dengan adanya spot-spot
instragrammable yang memanjakan mata pengunjung untuk berselfie. Metode penyampaian
pesan dengan cara repetisi atau pengulangan, edukatif dan informatif. Sedangkan penggunaan
media antara lain media arus utama seperti koran, televisi. Media sosial seperti facebook,
intstagram, twitter, youtube. Kebermanfaatan adalah dampak sosial terbukanya lapangan
pekerjaan untuk merawat lokasi wisata, dampak lingkungan dan budaya karena masyarakat
menjaga historis sebagai bekas aktivitas tambang

References

A.J, Muljadi .2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Ardianto, Elvinaro. 2008. Public Relation: Pendekatan Praktis Untuk Menjadi Komunikator,Orator, Presenter Dan Juru Kampanye Yang Handal. Bandung: Widya Padjajaran
Bagoes, Ida Mantra. 2004. Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata. Jakarta: Prenada Group
Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada
Chanin, O., Sriprasert, P., Rahman, H. A., & Don, M. S. 2015. Guidelines on halal tourism management in the andaman sea coast of thailand. Journal Of Economics, Business And Management. 3 (8). 791-794.
Creswell, John .W. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cutlip, Scott M, dkk. 2009. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Pernada Media Group
Damanik, Januantin dan Weber, Helmut.2006. Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Denzin, Norman K. dan Lincoln, Yvonna S. 2009. Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2009 . Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Taprial, Varinder & Kanwar, Priya .2012. Understanding Social Media. Ventus Publishing Tatham, S.
(2008). Strategic communication: a primer. Shrivenham: Defence Academy of the United Kingdom
Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi : Pendekatan Taksonomi. Konseptual. Jakarta : Ghalia Indonesia
Wursanto. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta : Andi
Published
2020-07-07
How to Cite
Ferdiana, F., & Wijayani, I. (2020). KOMUNIKASI PARIWISATA PERTAMBANGAN KABUPATEN BANGKA. Jurnal Inovasi, 14(1), 42–50. https://doi.org/10.33557/ji.v14i1.1398
Section
Articles
Abstract viewed = 210 times
download : 443 times