PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN METODOLOGI PENELITIAN BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR MELALUI DARING

  • Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas Universitas Esa Unggul
  • Ummanah Ummanah Universitas Esa Unggul
Keywords: Karya Ilmiah, Metodologi Penelitian, Mahasiswa

Abstract

Metodologi Penelitian merupakan bagian terpenting dalam suatu pelaksanaan penulisan karya ilmiah, yang mana pemahaman akan metodologi penelitian ini sudah harus diperkenalkan sejak awal. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian ini dilakukan Pelatihan untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan penelitian sebagai proyek akhir perkuliahannya. Hal ini dilakukan karena kurangnya tingkat pemahaman terhadap metodologi penelitian dan minimnya pengetahuan serta keahlian dalam proses analisis data.  Dengan memanfaatkan metode direct action, kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan mengadakan kegiatan pelatihan serta pendampingan penulisan dan metodologi penelitian. Adapun Luaran yang diperoleh mahasiswa yaitu dalam bentuk proposal penelitian serta laporan penelitian yang menjadi bukti pemahaman mahasiswa terhadap metodologi penelitian serta analisis data.

References

Ardimen, R. Yulitri, and Gustina, “Penerapan Metode Project-Based Learning untuk meningkatkan Penguasaan Metodologi Penelitian Bidang Konseling,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 22, no. 1, pp. 64–80, 2019.

Ismail and Elihami, “Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang,” Copyright@2019-Maspul J. Community Empower., vol. 1, no. 1, pp. 12–20, 2019.

Usman, S. Budi, and D. N. A. Sari, “Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Kesehatan tentang Pencegahan COVID-19 di Indonesia,” J. Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, vol. 11, no. 2, pp. 258–264, 2020.

H. Oktiani, T. B. Raharjo, and E. Y. Gunawibawa, “Pelatihan Digital Parenting melalui Pemanfaatan Aplikasi Parenting Tools sebagai Upaya Pencegahan Media Addiction,” 2019.

N. Ulia, R. Fironika KD, Y. Ismiyanti, S. Yustiana, J. Jupriyanto, and A. P. Cahyaningtyas, “Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal,” Indones. J. Community Serv., vol. 1, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.30659/ijocs.1.1.32-47.

R. Indriyati, “Pengaruh Pembelajaran Metodologi Penelitian terhadap Karya Tulis Ilmiah Taruna Politeknik Bumi Akpelni,” J. Saintek Marit., vol. 21, no. 2, pp. 179–189, 2021.

R. N. Dasmen, A. Putra, Rasmila, and T. Ibadi, “Pelatihan online penerapan teknologi RADIUS pada PT. Taspen (Persero) Palembang,” ABSYARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 94–101, 2021.

Rasmila, R. Amalia, R. N. Dasmen, and A. Putra, “Pelatihan Pengenalan Database dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi pada SMK Madyatama Palembang,” J. Pengabdi. Mitra Masy., vol. 3, no. 2, pp. 95–104, 2021.

Kurniati and R. N. Dasmen, “The Simulation of Access Control List (ACLs) Network Security for Frame Relay Network at PT. KAI Palembang,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 49–61, 2019.

R. N. Dasmen, Fatoni, A. Wijaya, B. Tujni, and S. Nabila, “Pelatihan Uji Kegunaan Website menggunakan System Usability Scale (SUS),” ABSYARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 2, pp. 146–158, 2021.

Published
2022-03-13
Section
Articles
Abstract viewed = 604 times
PDF : 438 times