SOSIALISASI LITERASI DATA WEBINAR CREATIVE TALK SERIES, MENGENAL BIG DATA: JEMPOLMU, DATAMU
Abstract
Tren Big Data di kalangan akademisi yang mempelajari tentang teknologi informasi sudah beredar sejak lama, akan tetapi tren big data pada masyarakat umum muncul pada era berkembangnya penggunaan smartphone yang masif. Persepsi masyarakat akan big data yang masih banyak kurang paham yang mendasari diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengenalkan tentang big data. Kegiatan ini dilakukan dengan model web seminar (Webinar) karena pada saat perlaksanaan kegiatan ini, terdapat pandemi COVID-19. Pendekatan untuk mendapatkan umpan balik dari peserta melalui 3 cara, yaitu pada sesi tanya jawab, pemberian waktu kepada peserta untuk menyampaikan pandangan dan kesimpulan setelah pemberian materi baik secara lisan maupun tulisan, dan kesan serta masukan pada saat absensi tentang kegiatan yang telah dilakukan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Webinar Creative Talk Series, Mengenal Big Data: Jempolmu Datamu telah terlaksana dengan baik. Sebanyak 166 peserta yang terdaftar dalam absensi dan mengikuti acara ini hingga selesai. Berdasarkan umpan balik peserta, tingkat pemahaman tentang big data cukup baik dan peserta ingin mengetahui keterkaitan antara teknologi big data dengan cabang teknologi informasi yang lain. Meskipun tingkat pemahaman tentang teknologi big data yang meningkat, masih ada permasalahan tentang pemahaman ilmu dan teknologi yang menunjang teknologi big data.
References
S. Pramana, “Peningkatan Literasi Data Menuju Indonesia 4.0,” Empower. Community, vol. 1, no. 1, pp. 37–40, 2020, doi: 10.31543/ecj.v1i1.369.
A. Natasuwarna, “Tantangan Menghadapi Era Revolusi 4.0 Big Data dan Data Mining,” in SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2019, pp. 23–27, doi: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.530.
L. Setyowati and D. Nasir Ahmad, “Pemanfaatan Big Data Dalam Era Teknologi 5.0,” ABDINE J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 117–122, 2021, doi: 10.52072/abdine.v1i2.205.
Sofiyanurriyanti, N. Izzah, A. Rufaidah, and M. R. Rosyidi, “PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI WORKSHOP ANALISIS DATA PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SPSS Oleh,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. E-Amal, vol. 1, no. 2, pp. 111–118, 2021, [Online]. Available: https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/577.
E. E. Supriyanto, I. S. Bakti, and M. Furqon, “The Role of Big Data in the Implementation of Distance LEARNING,” Paedagoria J. Kajian, Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 61–68, 2021, doi: 10.31764.
Research Center Digital Business Ecosystem, “[Video Dokumentasi] Pengabdian Masyarakat Pelatihan Big Data SMK Telkom Bandung,” 2019. https://dbe.telkomuniversity.ac.id/2019/12/01/pengabdian-masyarakat-pelatihan-big-data-smk-telkom-bandung/ (accessed Mar. 25, 2021).
Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia, “PENGENALAN BIG DATA DAN APLIKASINYA MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI STATISTIKA,” 2019. https://statistics.uii.ac.id/2019/05/14/pengenalan-big-data-dan-aplikasinya-melalui-pengabdian-masyarakat-prodi-statistika/ (accessed Mar. 25, 2021).
K. Tomini, M. Bolaang, and S. Selatan, “Pemanfaatan Big Data Dan Content Marketing Dalam Menarik Minat Pengunjung Wisata Pantai Di Desa Tolutu,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. MEMBANGUN NEGERI, vol. 5, no. 2, pp. 103–114, 2021.
FISIPOL Universitas Gadjah Mada, “Memanfaatkan Big Data Dalam Riset Sosial: Sharing Session Up3m Bersama Mahmud Syaltout,” 2018. https://fisipol.ugm.ac.id/memanfaatkan-big-data-dalam-riset-sosial-sharing-session-up3m-bersama-mahmud-syaltout/ (accessed Mar. 25, 2018).
P. dan P. M. (P2M) F. UNS, “Tingkatkan Penguatan Institusi, Koordinator P2M FISIP UNS Selenggarakan Workshop Big Data dan Perubahan Paradigma Ilmu Sosial,” 2020. https://fisip.uns.ac.id/2020/08/23/tingkatkan-penguatan-institusi-koordinator-p2m-fisip-uns-selenggarakan-workshop-big-data-dan-perubahan-paradigma-ilmu-sosial/ (accessed Mar. 25, 2020).
PDF : 260 times
Copyright (c) 2022 Febrianta Surya Nugraha, Siti Rihastuti, Afnan Rosyidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.