PELATIHAN PEMROGRAMAN MOBILE BERBASIS CLOUD (SMA UNGGULAN NEGERI 17 PALEMBANG)

  • Afriyudi Afriyudi Universitas Bina Darma
  • Leon Abdillah Universitas Bina Darma
  • Marlindawati Marlindawati Universitas Bina Darma
  • Fatmasari Fatmasari Universitas Bina Darma
Keywords: Algoritma & Pemrograman, Dart, Flutter, Pemrograman berbasis Cloud, Pemrograman Mobile

Abstract

Teknologi Informasi dapat digunakan untuk berbagai layanan terutama pada bidang pendidikan. Salah satu layanan yang semakin banyak diterapkan adalah layanan berbasis cloud. Dengan layaan cloud, invenstasi infrastruktur perangkat keras menjadi bukan masalah lagi. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakaat ini, metode yang digunakan adalah kombinasi dari ceramah dengan praktikum menggunakan komputer desktop yang dihubungkan dengan jaringan internet. Adapun pemrograman yang diterapkan adalah Pemrograman Flutter dengan menggunakan Bahasa Dart untuk membangun aplikasi Mobile. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para peserta didik dapat mengikuti pelatihan dengan baik yang ditunjukkan dengan keberhasilan mereka mengikuti materi pelatihan sampai pada tahap install ke perangkat Android masing-masing. Selanjutnya, dapat dilakukan kegitan lanjutan untuk materi dengan level yang lebih tinggi lagi.

References

L. A. Abdillah et al., Penelitian Tindakan Kelas - Teori & Penerapannya. Indramayu: Penerbit Adab, 2021.

L. A. Abdillah, Y. I. Mukti, D. Puspita, and Suhartini, “Indonesian Sharia Fintech Services and Social Media Usage,” Bull. Soc. Informatics Theory Appl., vol. 5, no. 2, pp. 97–106, 2021.

Fitriani, L. A. Abdillah, and D. Erlansyah, “Android-Based Bus Ticket Reservation Application,” in International Conference on Information Technology and Engineering Application (ICIBA2015), 2015, no. February, pp. 215–219.

R. Laili, L. A. Abdillah, E. Yulianingsih, and I. Seprina, “Sharing Informasi Pedoman Cuci Tangan Untuk Pencegahan COVID-19 Berbasis Sosial Media di SD Negeri 88 Palembang,” JPKMBD (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. Bina Darma), vol. 1, no. 1, pp. 67–73, 2021.

E. Supratman et al., “Tracer Study Berbasis Teknologi Informasi dan Psikologi,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Bina Darma, vol. 2, no. 1, pp. 38–47, 2022.

Y. W. Syaifudin, N. Funabiki, M. Kuribayashi, and W. C. Kao, “A proposal of Android Programming Learning Assistant System with implementation of basic application learning,” Int. J. Web Inf. Syst., vol. 16, no. 1, pp. 115–135, 2020.

G. Fylaktopoulos, G. Goumas, M. Skolarikis, A. Sotiropoulos, and I. Maglogiannis, “An overview of platforms for cloud based development,” Springerplus, vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2016.

L. A. Abdillah, “Algorithms & Programming,” Computer Science for Education, 2013. [Online]. Available: http://blog.binadarma.ac.id/mleonaa/teaching/programming/algorithm-and-programming-2/.

Fikri, L. A. Abdillah, and E. Apriyani, “Perancangan Teknologi Cloud Untuk Penjualan Online Kain Songket Palembang,” in Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia ke-8 (SESINDO2015), 2015.

D. Meiller, Dieter Meiller Modern App Development with Dart and Flutter 2: A Comprehensive Introduction to Flutter. Berlin, Germany: Walter de Gruyter GmbH, 2021.

P. Tyagi, Pragmatic Flutter: Building Cross-Platform Mobile Apps for Android, iOS, Web, & Desktop. Boca Raton, FL, USA: CRC Press (Taylor & Francis Group), 2021.

M. Sikora, Dart Essentials. Birmingham, UK: Packt Publishing, 2015.

S. Sinha, Quick Start Guide to Dart Programming: Create High-Performance Applications for the Web and Mobile. New York, USA: Apress, 2020.

I. F. Hanif and G. M. Sinambela, “Pembuatan Aplikasi E-Tatib Berbasis Android Menggunakan Bahasa Pemrograman Dart Making an Android-Based E-Tatib Application Using The Dart Programming Language,” J. Teknol. dan Terap. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021.

A. Pitri and L. A. Abdillah, “Usability Testing untuk Mengukur Kepuasaan Pengguna Website Mailo Store,” in The Third Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS2021), 2021, vol. 3, no. 4, pp. 852–863.

N. C. Rakotonirina et al., “Many-Objective Optimization for Diverse Image Generation To cite this version : HAL Id : hal-03425742 Many-Objective Optimization for Diverse Image Generation,” 2021. [Online]. Available: https://hal.archives-ouvertes.fr/hal-03425742/document.

M. P. A. Murphy, “‘Blending’ Docent Learning: Using Google Forms Quizzes to Increase Efficiency in Interpreter Education at Fort Henry,” J. Museum Educ., vol. 43, no. 1, pp. 47–54, 2018.

A. B. P. Sari, D. Iswahyuni, S. Rejeki, and S. Sutanto, “Google Forms As an Efl Assessment Tool: Positive Features and Limitations,” Premise J. English Educ., vol. 9, no. 2, pp. 231–250, 2020.

L. A. Abdillah, T. Handayani, E. R. Rosalyn, and Y. I. Mukti, “Collaborating Digital Social Media for Teaching Science and Arabic in Higher Education during COVID-19 Pandemic,” IJAZ Arab. J. Arab. Learn., vol. 4, no. 1, pp. 12–25, 2021.

Published
2022-09-21
Section
Articles
Abstract viewed = 398 times
Download PDF : 384 times