PENGENALAN PEMBUATAN APLIKASI ANDROID UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID PADA SMK IPTEK TANGSEL

  • Edi Mariyanto Universitas Pamulang
  • Dede Handayani Universitas Pamulang
  • Amin Hidayat Universitas Pamulang
Keywords: Aplikasi, Android, Mobile

Abstract

Pada masa revolusi industri 4.0, pengaruh teknologi telah merambah ke setiap aspek di kehidupan sekarang ini, salah satunya aspek pendidikan. Dalam aspek pendidikan, perkembangan teknologi menjadi suatu acuan pengembangan pendidikan, salah satunya adalah pengembangan Android. Dengan adanya acuan tersebut, maka munculah suatu ide untuk melaksanakan pelatihan pengembangan Android kepada siswa-siswi SMK IPTEK Tangsel. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan bekal siswa-siswi agar dapat melakukan pengembangan Android. Pengembang Android ataupun Android Developer menjadi salah satu bidang pilihan untuk penggiat IT, yang mana memiliki peluang kerja cukup luas dan penghasilan yang menjanjikan. Hal ini juga merupakan langkah untuk memberi bekal siswa-siswi untuk menghadapi masa revolusi industri 4.0. Bentuk dari PkM ini adalah paparan memanfaatkan power point sebagai media penyampaian informasi ke peserta PkM. Adapun dalam kegiatan PkM ini dibahas tentang dasar-dasar pengembangan Android, pengalaman menjadi Android Developer, praktek pengembangan Android dan beberapa trik pengembangan Android. Hasil dari pre-test serta post-test yang telah dilakukan sebelum penyampaian materi mendapatkan hasil sebesar 52,30% dan sesudah pemberian materi sebesar 72,08%. Melihat hasil persentase yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa kegiatan PkM di SMK IPTEK Tangsel mendapatkan peningkatan pemahaman, pengetahuan dan wawasan terkait dengan pemrograman android.

References

Ramen A. Purba, A. S. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Guntur Eka Saputra, S. M. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia Menghadapi Industri 5.0. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Syafrial Fachri Pane, W. K. (2020). Membuat Aplikasi Pengolahan Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Enterprise, J. (2017). Mengenal Pemrograman Komputer dan Android untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Gunawan, S. M. (2021). Dasar-Dasar Pemrograman Android. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Herman Tolle, A. P. (2017). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak. Malang: Universitas Brawijaya Press.

We Are Social Ltd. (2022, January 26). Diambil kembali dari https://wearesocial.com/:https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Nugroho, A. W. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa Smk Muhammadiyah Melalui Pembuatan Dan Pelatihan Trainer Elektropneumatik. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Junadhi, J. Y. (2021). Pelatihan Pengenalan Pemograman Android Untuk Pemula Pada Siswa-Siswi Smk N 2 Pekanbaru. J-PEMAS-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 25-32.

Nasution, A., Efendi, B., & Siregar, I. K. (2019). Pelatihan membuat aplikasi android dengan android studio pada SMP Negeri 1 Tinggi Raja. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(1), 53-58.

Published
2022-09-21
Section
Articles
Abstract viewed = 201 times
Download PDF : 175 times