PELATIHAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK GURU MIS MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI

  • Yonifia Anjanika Universitas Jambi
  • Sukendro Sukendro Universitas Jambi
  • Atri Widowati Universitas Jambi
Keywords: Pengabdian, Pelatihan, Pembuatan LKPD

Abstract

Kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) ini dilaksanakan pada MIS Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu berkas wajib yang dibuat oleh guru, tetapi masih banyak guru yang belum paham dalam pembuatan LKPD. Oleh sebab itu, kebanyakan Guru MIS Muhammadiyah 1 Kota Jambi belum menerapkan penggunaan LKPD. LKPD dapat dipergunakan untuk menanggulangi permasalahan seperti kurang efektifnya mengajar sehingga mempengaruhi proses belajar untuk peserta didik. LKPD ini juga menjadi bahan evaluasi guru terhadap peserta didik. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan PkM ini yaitu dapat memberikan bantuan untuk guru dalam membuat serta menggunakan LKPD secara baik dan benar. Metode pada kegiatan ini adalah teknik penjelasan materi berdasarkan teori selanjutnya diberikan pelatihan untuk guru membuat LKPD. Hasil dari penyampaian materi tentang pembuatan dan penggunaan LKPD, diperoleh sebesar 100% guru telah paham proses dalam pembuatan LKPD. Pada tahap selanjutnya, yaitu presentasi dari hasil pelatihan oleh guru diperoleh sebesar 75% dari guru yang telah berhasil membuat LKPD mengikuti tahapan yang dilatihkan. Kegiatan PkM ini memberikan dampak positif kepada MIS Muhammadiyah 1 Kota Jambi, sehingga guru menjadi lebih kreatif dan paham untuk membuat berbagai jenis desain LKPD yang menarik.

References

R. Rahayu, S. Iskandar, and Y. Abidin, “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1, Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3,” vol. 6, no. 2, pp. 2099–2104, 2022.

B. Bimbingan and D. A. N. Konseling, “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Bidang Bimbingan dan Konseling Purbatua Manurung,” pp. 115–127.

U. Nur and A. Rahmawati, “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di Mimpundungrejo Tahun Pelajaran 2019 / 2020,” vol. 1, no. 1, pp. 16–25, 2020.

J. Of and E. Review, “Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar ( Kajian Literatur ),” vol. 3, no. 2, pp. 105–110, 2020.

Y. P. Utami and P. S. Dewi, “Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar,” vol. 2, no. 1, pp. 24–31, 2020.

O. Evitasari, L. Qodariah, R. Gunawan, P. Ilmu, P. Sosial, and S. P. Uhamka, “Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Kemampuan Berpikir Kritis manusia secara menyeluruh,” pp. 43–56.

M. D. Akviansah and S. Pd, “Perpustakaan Maya sebagai Sumber Belajar dan Penunjang Pembelajaran IPS secara Daring di Era Pandemi COVID-19,” vol. 5, no. 2, pp. 92–102, 2020.

D. Rahman, S. Tinggi, I. Tarbiyah, and S. Barat, “Maktabatun : Jurnal Perpustakaan dan Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Informasi Keywords :,” 2019.

M. Adhitya, H. Putra, M. Rezky, N. Handy, and U. L. Mangkurat, “Basirih Selatan Sebagai Sumber Belajar IPS,” vol. 2, no. September, pp. 31–41, 2022.

A. Tri, A. Nasution, S. Bahri, U. Muslim, and N. Al, “Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dalam Pembelajaran Tematik Tema 8 (Praja Muda Karana) Kelas III SD Nurhasanah,” vol. 07, 2022.

Published
2023-04-04
Section
Articles
Abstract viewed = 107 times
Download PDF : 49 times