PENINGKATAN PENGEMBANGAN UMKM BERKELANJUTAN DI ERA DIGITAL DAN GO GREEN PASCA PANDEMI COVID-19

  • Herlawati Herlawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya https://orcid.org/0000-0002-4815-9841
  • Bayu Andriansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ajie Prasetya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Handry Hartino Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ivan Nur Firdaus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Juandika Shevani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Muhammad Zidan Al Faiq Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Raihan Nurfaidzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: UMKM, Digital, Go Green, Covid-19, KKN

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh Mahasiswa serta Dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya diadakan pada Perumahan Mustika Karangsatria RW 14 Tambun Utara Kabupaten Bekasi yang ditujukan untuk pelaku UMKM. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu agar pelaku UMKM yang termasuk pengurus pada RW 14 dapat: i) Memahami peranan penting digitalisasi terhadap data dari pelaku UMKM, dan ii) Memahami seberapa penting Go Green di lingkungan RW 14 setelah melewati pandemi Covid-19. Kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan solusi permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM serta pengurus RW 14 yang termasuk ke dalam mitra kegiatan ini yaitu data pelaku UMKM di daerah tersebut belum tersusun dengan rapi, sehingga salah satunya dibuatlah sebuah aplikasi untuk menyimpan data tersebut berbasis website. Pada pelaksanaan kegiatan PKM ini, tim menerapkan pendekatan bidang edukasi (pendidikan) yang secara berkelanjutan. Metode pelaksanaan pada pelaksanaan kegiatan KKN ini yaitu a) Metode sosialisasi, b) Metode pengembangan, c) Metode penyuluhan serta d) Metode Pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini berupa aplikasi yang dapat digunakan untuk proses pendataan pelaku UMKM untuk diolah serta memberikan bantuan kepada pengurus yang berada di sekitaran RW 14. Selain itu, itu diperoleh kondisi lingkungan yang hijau pada wilayah lapangan RW 14 pada sisi Go Green dengan melakukan penanaman kembali beberapa tanaman hijau

Author Biographies

Herlawati Herlawati, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Bayu Andriansyah, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Ajie Prasetya, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Handry Hartino, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Ivan Nur Firdaus, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Juandika Shevani, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Muhammad Zidan Al Faiq, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Raihan Nurfaidzi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

References

B. P. Statistik, “Profil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.” https://www.bps.go.id/statictable/2014/02/18/1276/profil-usaha-mikro-kecil-dan-menengah.html (accessed Mar. 16, 2023).

K. K. dan UKM, “Pengertian UMKM.” http://www.depkop.go.id/id/page/pengertian-umkm (accessed Mar. 16, 2023).

D. J. K. dan UMKM, “UMKM di Indonesia.” .

R. T. Handayanto and H. Herlawati, “Efektifitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi Dalam Mengatasi COVID-19 dengan Model Susceptible-Infected-Recovered (SIR),” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 20, no. 2, pp. 119–124, 2020, doi: 10.31599/jki.v20i2.119.

Herlawati, “COVID-19 Spread Pattern Using Support Vector Regression,” PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, vol. 8, no. 28, pp. 67–74, 2020.

H. Herlawati, F. N. Khasanah, and R. Sari, “Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi,” Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), vol. 1, no. 1, pp. 42–52, 2021, doi: 10.31599/jucosco.v1i1.454.

S. Samsiana et al., “Optimasi Penggunaan Android Sebagai Peluang Usaha Di Masa Pandemik COVID’19.pdf,” Jurnal ABDIMAS (Pengabdian kepada Masyarakat) UBJ, vol. 3, no. 2, pp. 137–148, 2020, doi: https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.205.

R. Sari, Herlawati, F. N. Khasanah, and P. D. Atika, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bentuk Presenter-View-Recorder dan Mentimeter,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, vol. 4, no. 3, pp. 265–276, 2021, doi: 10.31599/jabdimas.v4i3.945.

P. D. Atika, F. N. Khasanah, R. Sari, and E. Retnoningsih, “Pengoptimalan Penggunaan Smartphone Sebagai Digital Marketing Pada SMAN 14 Bekasi,” vol. 1, no. 2, pp. 143–152, 2021.

F. N. Khasanah, R. Sari, and P. D. Atika, “Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kreatif Dalam Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Di SMK Widya Nusantara Bekasi,” vol. 5, no. 1, pp. 43–52, 2022.

B. D. D. A. Arianti et al., “Gerakan Satu Titik Pengabdian (G1TP)Sebagai Wujud Peningkatan Keterampilan TIL Dan Literasi Digital Masyarakat,” JPMItech (Jurnal Pengabdian Masyarakat Information technology), vol. 1, no. 1, pp. 19–26, 2022.

A. Farisi, E. G. Putery, N. Sopiah, and B. Tujni, “Penerapan Digital Marketing Untuk Pengembangan Produk di Desa Baru Kecamatan Rambutan,” JPMItech (Jurnal Pengabdian Masyarakat Information technology), vol. 1, no. 2, pp. 41–48, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/5107%0Ahttp://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/download/5107/3497.

C. R. Institute, “The Digital Skills Gap in the Workforce: Exploring the Impact of Digital Transformation on Organizations and Their Workforce,” 2019.

S. Mittal and Y. Singh, “Sustainable Development of SMEs through Digital Transformation: A Literature Review,” International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 2021.

Published
2023-04-04
Section
Articles
Abstract viewed = 318 times
Download PDF : 241 times