OPTIMALISASI PENERAPAN TIK SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PEMERINTAH

  • Ruliansyah Ruliansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Freddy Kurnia Wijaya Universitas Islam Negeri Raden Fatah
Keywords: TIK, Kegiatan Administrasi, Metode Community Based Research (CBR)

Abstract

Teknologi di pemerintahan masih belum banyak menyentuh ke seluruh aspek bagian pemerintahan, baik tingkat Provinsi hingga Kecamatan. Kegiatan Administrasi di Kecamatan sebagian telah menggunakan sistem informasi, seperti Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Tetapi masih terdapat aktifitas administrasi yang belum menggunakan digital, dan sepenuhnya belum menggunakan TIK. Pengabdian yang dilakukan mulai dari identifikasi hingga menghasilkan output yang bisa dimanfaatkan oleh pihak kecamatan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode Community Based Research (CBR). Metode CBR yang penerapannya diselenggarakan berdasarkan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat, kemitraan/partnership, dan keadilan sosial yang menempatkan masyarakat bukan sebagai subyek penelitian tetapi sebagai mitra kerja sama dan agen perubahan. Pengabdian ini menghasilkan website portal, aplikasi IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat), dan Pemanfaatan Layanan Google Docs. Pengabdian juga dijalankan berupa pembuatan aplikasi IKM, dan bimbingan teknis penggunaan google docs.

References

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

Munir. (2009). Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia.

Community Based Research, Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas, Tim Penyusun LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.

Joanna Ochocka, ―Community Based Research,‖ disampaikan dalam Advanced CBR Training yang diselenggarakan oleh SILE/LLD UIN Sunan Ampel Surabaya, di Hotel Singgasana Surabaya, 25-29 Agustus 2014.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama, 2004)

Jogiyanto, HM. 2005. Sistem Teknologi Informasi: Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Raharjo, Budi. (2011). Belajar Pemrograman Web. Bandung: Modula

Suwondo. (2001). Peserta Pelayanan Publik: Hubungan Komplementer Antara Sektor Negara, Mekanisme Pasar dan Organisasi. Jakarta,Bumi Aksara.

Parasuraman, Leonard L. Berry. (1998). Delivering Quality.New York: The Free Press.

Siagian, S.P. (1992). Organisasi Kepemimpinan & Perilaku Administrasi. Jakarta, Rineka Cipta.

Published
2023-09-30
Section
Articles
Abstract viewed = 183 times
Download PDF : 75 times