ANALISA UNIT KEGIATAN MAHASISWA PECINTA ALAM MENGGUNAKAN ZOOM MEETING LINGKUP UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

  • Eka Wahyuning Tyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilma Amilia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rista Guna Winata Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Septiana Puji Rahayu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Luluk Ifa Amrulloh Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ribka Triemay Prasastiningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
Keywords: UKM, Pecinta Alam, Zoom, Mendaki Gunung

Abstract

Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, sebagian besar beranggapan bahwa kegiatan pada Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Pelita (UKM Mapala Pelita) hanya mendaki gunung untuk senang-senang padahal ada beberapa jenis kegiatan lain yang dapat dilakukan seperti konservasi, kegiatan sosial di masyarakat, diklat, panjat tebing, dan lain sebagainya. Untuk menepis anggapan tersebut lantas melalui penelitian ini, peneliti berencana melakukan analisa UKM Mapala Pelita menggunakan Zoom Meeting di lingkup Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa kegiatan Mapala Pelita yang belum terlaksana serta menyelaraskan prespektif mahasiswa mengenai salah satu kegiatan Mapala yaitu mendaki gunung. Untuk keberlangsungan penelitian, metode yang digunakan ialah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni terlaksananya analisa UKM Mapala Pelita menggunakan Zoom Meeting di Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan menghasilkan beberapa temuan terkait kegiatan Mapala yaitu adanya kegiatan Mapala yang belum dapat terlaksana seperti kegiatan lomba Mapala yang diikuti oleh umum pada lingkung internal dan eksternal. Kemudian, perbedaan perspektif mahasiswa pada kegiatan mendaki gunung yang perlu diselaraskan.

References

A. Widyanto, “Penerapan Metode RUP pada Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa STMIK PalComTech,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 323–331, 2020.

J. Hardyanto and N. Nirmalasari, “Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penanganan Pertama Cedera Olahraga Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Olahraga Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta,” J. Kesehat. Mesencephalon, vol. 6, no. 1, pp. 48–54, 2020, doi: 10.36053/mesencephalon.v6i1.195.

A. Putri, D. Arisandi, and T. Sutrisno, “Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa ( Ukm ) Universitas Tarumanagara Berbasis Web,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 01, pp. 1–7, 2023.

N. Estiningtyas, R. R. Annisa, and P. M. Ratri, “Orientasi Masa Depan Aktivis Mahasiswa Pecinta Alam,” ULIL ALBAB J. Ilm. …, vol. 1, no. 8, pp. 2514–2521, 2022.

I. R. Wifasari and D. S. Wihara, “Pembentukan Karakter Loyalitas, Tanggung Jawab, Dan Peduli Sosial Pada Diklat Mapala Pelita Unp Kediri,” Simp. Nas. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, pp. 140–151, 2022.

F. Septiani and G. Hendrastomo, “Kontruksi Makna Fashion Outdoor Pada Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) di Yogyakarta,” J. Pendidik. Sosiol., 2022.

F. Pramatana et al., “Pelatihan Softskill Penggunaan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Pada Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Nusa Cendana,” Community Dev. J., vol. 4, no. 2, pp. 4974–4980, 2023.

R. D. Nur’aini, “Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku,” INERSIA lNformasi dan Ekspose Has. Ris. Tek. SIpil dan Arsit., vol. 16, no. 1, pp. 92–104, 2020.

A. M. . Kewas, H. Karamoy, and L. Lambey, “Analisis Kendala Pengimplementasian Pendapatan pada SIMDA Keuangan di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,” J. Ris. Akunt. dan Audit. “GoodWill,” vol. 10, no. 2, pp. 108–122, 2019.

S. Djonnaidi, N. Wahyuni, and F. Nova, “Pengaruh Penerapan Media Poster Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Politeknik Negeri Padang,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 38–46, 2021.

Published
2023-10-16
Section
Articles
Abstract viewed = 204 times
Download PDF : 61 times