Penerapan Pembelajaran berbasis Komputer pada Anak SD Negeri 11 Pemulutan
Abstract
Pendidikan anak usia sekolah dasar (SD) merupakan tahap kritis dalam pembentukan dasar pengetahuan dan keterampilan. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah penerapan pembelajaran teknologi informasi komputer. Metode penelitian melibatkan sejumlah siswa SD yang terlibat dalam program pembelajaran komputer selama periode tertentu. Data dikumpulkan melalui observasi, dan pelaksanaan kegiatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam kemampuan pengetahuan siswa. Selain itu, penerapan pembelajaran komputer juga memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar. Hasil pembelajaran menunjukkan peningkatan minat, kepercayaan diri, dan ketertarikan terhadap pembelajaran. Faktor-faktor ini secara positif berkontribusi terhadap partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini memberikan dukungan empiris terhadap efektivitas penerapan pembelajaran komputer pada anak SD, membuka peluang untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif. penerapan pembelajaran komputer ini membantu pengambil kebijakan, guru, dan orang tua dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan perkembangan anak-anak pada tahap awal pendidikan mereka. siswa juga dapat mengoperasikan komputer dan mempraktekkan nya secara langsung mengunakan Microsoft Word.
References
Hanifah, G. Q. (N.D.). (2018). Laporan Praktik Kerja Lapangan (Pkl) Pada Sub Bagian Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur.
Rahmawati, F. A., Hawari, M. I., Aliah, H., & Sudarman, P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Anak Di Kp. Kebayunan. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(6), 95- 105.
Puspitasari¹, Y., Noervadila, I., & Jaya, F. (2022). Pelatihan Pengoperasian Komputer Microsoft Word Dan Microsoft Excel Pada Anak-Anak Di Desa Klampokan Situbondo. Journal Of Community Empowerment And Innovation Vol, 1(1), 23.
Azizah, N., Delima, R., Karmelia, M., & Lubis, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Tik Di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2).
Fajriyah, R. Z., & Prastowo, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Tik Dengan Penggunaan Microsoft Word Untuk Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas Iv Sd Islam Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).
Habrizons, F., Huda, N., & Ananda, P. F. (2023). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Strategi Jual Beli Pada Mahasiswa Stikes Dona Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-32.
Djamdjuri, D. S., & Prasetya, G. C. K. P. (2020). Memperkenalkan Cara Pengaplikasian Komputer Terhadap Anak Sekolah Dasar (Ciampea Udik, Caringin Jangkung). Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 146-151.
Upa, R., & Pilu, R. (2021). Pelatihan Dan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Lingkungan Kelurahan Temmalebba. Madaniya, 2(4), 373-377.
Adlin, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Bebasis Komputer Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 3(2), 82-87.
N. Huda, M. S. Putra, And M. A. Syaifudin, “Pelatihan Komputer Atau Aplikasi Untuk Karang Taruna Di Desa Rambutan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin,” Vol. 2, No. 6, Pp. 1715–1720, 2022.
Download PDF : 18 times
Copyright (c) 2024 Frans Habrizons, Megawaty Megawaty, Nurul Huda, Baibul Tujni, Ade Kemala Jaya, Umi Kalsum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.