Strategi Branding dan Digital Marketing UMKM Amaliz Cake Desa Pipa Putih
Abstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan daya saing produk UMKM, khususnya Amaliz Cake, melalui penerapan branding produk dan digital marketing. Metode pelaksanaannya melibatkan pelatihan, pendampingan, dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi. Temuan dari kegiatan ini mencakup partisipasi 30 peserta, yang mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam branding produk, desain produk, dan strategi pemasaran digital. Peserta juga mendapatkan manfaat langsung berupa kemampuan baru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk. Kesimpulannya, keterlibatan masyarakat dalam program ini memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan produk UMKM, serta memperkuat kontribusi UMKM terhadap perekonomian lokal.
References
F. Muttaqien, R. Cahyaningati, V. L. Rizki, and I. Abrori, “Pembukuan Sederhana Bagi UMKM,” Indonesia Berdaya, vol. 3, no. 3, pp. 671–680, Jul. 2022, doi: 10.47679/ib.2022287.
S. Putri, “Peran Pembiayaan Syariah dalam Pengembangan UMKM di Indonesia,” Al Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, vol. 1, no. 2, pp. 1–11, Jun. 2021, doi: 10.59755/alhisab.v1i2.67.
J. Budiman and H. Herkulana, “Peran UMKM dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Pontianak,” Jurnal Ekonomi Integra, vol. 11, no. 2, p. 91, Jun. 2021, doi: 10.51195/iga.v11i2.164.
Atik Nurngaeni, “Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada Home Industry Subama Batik Kroya-Cilacap),” Amanu: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, vol. 4, no. 2, pp. 192–202, 2021.
Evi Permatasari, Hanna Luthfiana, Nurul Aulia Pratama, and Hapzi Ali, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 5, pp. 469–478, 2022.
M. Maisah, M. Mahdayeni, M. Maryam, and Muhammad Roihan Alhaddad, “Penerapan 7P sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi,” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, vol. 1, no. 4, pp. 325–333, Mar. 2020, doi: 10.31933/jemsi.v1i4.116.
Qazzafi and Sheikh, “Factor affecting consumer buying behavior: A conceptual study.,” Factor affecting consumer buying behavior: A conceptual study., vol. 8, no. 2, pp. 1205-1208., 2020.
M. A. D. Wainira, Y. K. N. Liliweri, and S. S. E. Mandaru, “Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image,” Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, vol. 10, no. 2, pp. 138–148, Jul. 2021, doi: 10.35508/jikom.v10i2.3609.
Illona Ratna Dewanti, Listiana Anggraini, Fitri Destriani, and Sulastri Irbayuni, “Upaya Optimalisasi Branding Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Umkm Nizam Jaya,” Jurnal Sosio Humaniora Sasanti, vol. 4, no. 3, 2023.
Gunawan, Rahmat, Rini Malfiany, and Hamdan Yosep Pane, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis,” Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis , vol. 14, no. 1, pp. 25-36., 2021.
Download PDF : 15 times
Copyright (c) 2024 A. Afriansyah, Wiwin Agustian, Dina Mellita, Rasmila Rasmila, M. Rayhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.