Online Training Pengenalan Arduino bagi Mahasiswa Karyawan Universitas Bina Darma

  • Ade Putra Universitas Bina Darma
  • M. Kumroni Makmuri Universitas Bina Darma
  • Novri Hadinata Universitas Bina Darma
  • Rahmat Novrianda Dasmen Universitas Bina Darma https://orcid.org/0000-0001-7348-5377
  • M. Rayhan Universitas Bina Darma
  • Dinni Febriyanti Universitas Bina Darma
Keywords: Pelatihan Online, Arduino, Mahasiswa Karyawan, Pembelajaran Interaktif, Zoom

Abstract

Pelatihan online pengenalan Arduino bagi mahasiswa karyawan Universitas Bina Darma dilaksanakan untuk mengatasi keterbatasan waktu yang dihadapi oleh mahasiswa karyawan dalam mengakses pelatihan teknis tambahan. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis peserta dalam penggunaan Arduino. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2024 melalui platform Zoom dan diikuti oleh 33 peserta yang dipilih berdasarkan survei minat melalui grup WhatsApp. Metode pelatihan meliputi penyuluhan teoritis dan demonstrasi praktis yang dilakukan oleh instruktur. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dari rata-rata nilai pre-test 50% menjadi 80% pada post-test. Umpan balik dari kuesioner menunjukkan bahwa 90% peserta merasa puas dan menganggap pelatihan ini bermanfaat untuk pengembangan keterampilan teknis mereka. Pelatihan ini memberikan manfaat praktis bagi peserta dan mendukung teori pembelajaran konstruktivis melalui metode interaktif. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis mahasiswa karyawan, serta memberikan solusi yang efektif dan fleksibel untuk keterbatasan waktu yang dihadapi oleh mereka.

References

Y. Erlika, M. I. Herdiansyah, and A. H. Mirza, “Analisis IT Risk Management di Universitas Bina Darma Menggunakan ISO31000,” Jurnal Ilmiah Informatika Global, vol. 11, no. 1, Dec. 2020, doi: 10.36982/jiig.v11i1.1073.

M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma,” SISTEMASI, vol. 9, no. 1, p. 143, Jan. 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i1.625.

D. Ferdiansyah and A. Susanto, “Rancang Bangun Prototype Kursi Roda menggunakan Arduino R3 berbasis Android,” GATOTKACA Journal (Teknik Sipil, Informatika, Mesin dan Arsitektur), vol. 1, no. 2, Dec. 2020, doi: 10.37638/gatotkaca.v1i2.86.

A. T. Putra and R. Risfendra, “Penggunaan Aplikasi Ubidots untuk Sistem Kontrol dan Monitoring pada Gudang Gula Berbasis Arduino UNO,” JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 40–48, Feb. 2021, doi: 10.24036/jtein.v2i1.120.

R. N. Dasmen and S. Prayitno, “Task collection monitoring system on lockers with notifications on Telegram,” PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 10, no. 2, p. 107, May 2023, doi: 10.33387/protk.v10i2.5117.

N. Alamsyah, H. F. Rahmani, and Yeni, “Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya Berbasis Arduino Uno dengan Alat Sensor LDR,” Formosa Journal of Applied Sciences, vol. 1, no. 5, pp. 703–712, Oct. 2022, doi: 10.55927/fjas.v1i5.1444.

S. N. Rahman, L. Jafnihirda, and T. A. Putra, “Arduino sebagai Pengontrol Smart Vivarium dengan Notifikasi menggunakan Android,” Jurnal KomtekInfo, vol. 7, no. 4, pp. 260–269, Dec. 2020, doi: 10.35134/komtekinfo.v7i4.87.

C. A. Oktavia, R. F. Setiawan, and A. Christianto, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Ruangan Menggunakan Marker 3D Objects Tracking,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 13, no. 1, p. 53, May 2019, doi: 10.32815/jitika.v13i1.332.

M. Ramdhani, B. S. Aprillia, and S. Hadiyoso, “Integrasi Circuit Simulator pada LMS untuk Meningkatkan Hasil PBL: Studi Kasus Mata Kuliah Elektronika,” Jurnal Ilmiah Global Education, vol. 5, no. 1, pp. 614–621, Mar. 2024, doi: 10.55681/jige.v5i1.2448.

A. R. N., A. B. Kaswar, M. Mukhtar, and H. Hermansyah, “Pelatihan Dasar-Dasar Pemrograman Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno Pada Siswa-Siswi SMKN 4 Kota Palopo,” MALAQBIQ, vol. 2, no. 1, pp. 23–32, Jun. 2023, doi: 10.46870/jam.v2i1.533.

I. Kurniati and H. Nuroso, “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Tema 4 Sub tema 2 melalui Pembelajaran Zoom dengan Menggunakan Media Power Point Sekolah Dasar Negeri 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021,” JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), vol. 6, no. 1, Nov. 2020, doi: 10.26877/jp3.v6i1.7355.

U. N. Pratama and S. Herbekti, “Penilaian Presentasi Infografis Materi Pedagogi Seni Pertunjukan untuk Mendukung Pembelajaran Zoom Meeting,” Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 2, p. 61, Jul. 2021, doi: 10.32832/educate.v6i2.4888.

Published
2024-03-30
Section
Articles
Abstract viewed = 101 times
Download PDF : 15 times