Sosialisasi Klasifikasi Bahan Konduktor dan Semikonduktor melalui Zoom Meeting

Authors

  • Hasanah Kantor Camat Sako
  • Mahpud Hidayat PT. Pertamina Gas Negara
  • Amalia Resky Hasniati Politeknik Penerbangan Palembang
  • Ni Putu Heni Handayani Politeknik Penerbangan Palembang
  • Mayang Enggar Kusumastuti Politeknik Penerbangan Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33557/c9d0b139

Keywords:

Elektro, Bahan Penghantar, Dioda, Arus Maju, Kelistrikan

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi materi dari mata kuliah Bahan-Bahan Listrik, yang melibatkan mahasiswa dan dosen dari Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Bina Darma Palembang. Perkembangan teknologi erat kaitannya dengan pemanfaatan bahan-bahan dengan sifat kelistrikan seperti konduktor dan semikonduktor. Namun, masih banyak mahasiswa yang kesulitan memahami karakteristik dan penerapan kedua jenis bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar, struktur atom, serta aplikasi bahan konduktor dan semikonduktor dalam teknologi. Metode pelaksanaan mencakup penyampaian materi secara interaktif, diskusi terbuka, dan contoh soal sederhana. Kegiatan berlangsung secara luring dan melibatkan 21 mahasiswa serta 1 dosen. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman melalui keterlibatan aktif peserta dalam sesi diskusi dan tanya-jawab. Mahasiswa menjadi lebih tertarik dan mampu memahami materi dan penerapan yang ada di sekitar mereka. Pendekatan pembelajaran yang kontekstual terbukti efektif dalam membantu mahasiswa memahami materi secara konkret. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam membangun literasi sains dan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui pengalaman langsung yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

References

[1] F. A. Ramadhani and H. Kurniawan, "Penerapan Bahan Semikonduktor dalam Perangkat Elektronik Modern," Jurnal Fisika dan Aplikasinya, vol. 14, no. 2, pp. 55–61, 2021.

[2] N. Sari and R. Hidayat, "Analisis Penggunaan Konduktor dalam Instalasi Rumah Tangga," Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 17–25, 2020.

[3] D. Putri et al., "Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Konduktor dan Semikonduktor," Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 12, no. 3, pp. 201–209, 2021.

[4] A. Santoso and M. H. Irawan, "Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika," Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, vol. 10, no. 4, pp. 89–96, 2022.

[5] R. A. Pratama, "Efektivitas Media Presentasi Interaktif dalam Pembelajaran Daring," Jurnal Pendidikan Teknologi, vol. 8, no. 2, pp. 102–110, 2021.

[6] D. Wulandari, "Zoom sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 33–41, 2020.

[7] H. Nurhadi and L. Dewi, "Peningkatan Partisipasi Mahasiswa Melalui Media Zoom Meeting," Jurnal Pendidikan Terapan, vol. 5, no. 3, pp. 55–63, 2021.

[8] E. Fadillah, Media Visual dan Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika, Yogyakarta: Deepublish, 2020.

[9] S. A. Ramli, Dasar-Dasar Kelistrikan untuk Pendidikan Teknik Elektro, Surabaya: Cendekia Press, 2021.

[10] M. Ardiansyah, "Strategi Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Teknik," Laporan Penelitian Dikti, Universitas Negeri Semarang, 2022.

Downloads

Published

2024-09-30