Diseminasi Strategi Pengembangan UMK Mie Ayam di Kota Palembang melalui Branding dan Pemasaran Digital

Authors

  • Emir Prima Warung Simpang Family
  • Poppy Indriani Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.33557/yqxwq021

Keywords:

Branding, Desain Kemasan, Mie Ayam, Pemasaran Digital, UMK

Abstract

Usaha mie ayam dengan harga terjangkau di Kota Palembang memiliki potensi ekonomi besar, namun banyak pelaku usaha mengalami kendala dalam membangun identitas merek dan menerapkan pemasaran digital yang efektif, sehingga daya saing produk menjadi lemah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam menciptakan branding yang kuat, desain kemasan yang menarik, dan keterampilan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui pembekalan materi branding, praktik desain kemasan menggunakan aplikasi, dan simulasi pengelolaan media sosial, serta diikuti dengan pendampingan teknis selama satu bulan setelah pelatihan. Sebanyak 25 pelaku usaha dari berbagai wilayah di Palembang berpartisipasi aktif dan menunjukkan peningkatan pemahaman, keterampilan, dan keberanian dalam menerapkan strategi baru. Hasil kegiatan menunjukkan peserta telah mampu menyusun identitas merek, menghasilkan desain kemasan fungsional, dan meningkatkan interaksi serta penjualan produk melalui media sosial. Pelibatan masyarakat secara langsung dalam pelatihan terstruktur terbukti mendorong inovasi, memperkuat daya saing, dan menumbuhkan ekosistem ekonomi lokal pelaku usaha mie ayam di era digital.

References

[1] L. M. Hamza and D. Agustien, “The Influence of the Development of Micro, Small and Medium Enterprises on National Income in the MSME Sector in Indonesia,” J. Ekon. Pembang., vol. 8, no. 2, pp. 127–135, 2019.

[2] B. Lie, “Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM di Wisata Kuliner Kebon Ayu melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana,” J. Wicara Desa, vol. 1, no. 4, pp. 556–564, 2023, doi: 10.29303/wicara.v1i4.3368.

[3] K. Amri, “Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan : Data Panel 8 Provinsi di Sumatera,” J. EMT KITA, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2017, doi: 10.35870/emt.v1i1.22.

[4] S. Aisyah and F. Ramadhina, “Systematic Literatur Review : Strategi Bisnis dalam Mendorong Keberlanjutan UMKM di Indonesia Melalui Tren dan Kolaborasi untuk Meningkatkan Penjualan," JABiPreneur, pp. 124–139, 2024.

[5] A. Suhandi, “Strategi Fundraising dan Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik pada Lembaga Filantropi Baznas Kabupaten Kuningan,” AB-JOIEC Al-Bahjah J. Islam. Econ., vol. 1, no. 1, pp. 44–55, 2023, doi: 10.61553/abjoiec.v1i1.22.

[6] W. Daina, B. W. Fitriadi, and U. Jakiyah, “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Minyak Goreng Minyakita,” J. Multidiscip. Res., vol. 1, no. 1, pp. 11–24, 2024.

[7] K. A. Widyadana, H. Farisi, and A. Safitri, “Transformasi Digital UMKM Banyumas : Identifikasi Hambatan dan Rekomendasi Solusi Digital Transformation of Banyumas MSMEs : Identification of Obstacles and Solution Recommendations,” pp. 3054–3062, 2025.

[8] M. Dahlan, “Peran Pengabdian pada Masyarakat dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 2, 2017.

[9] D. A. N. L. Usaha, “Pengembangan UMKM Madumongso melalui Manajemen Usaha dan Legalitas Usaha,” J. Abdimas, vol. 22, no. 2, 2019.

[10] A. P. Nilasari, D. M. Hutajulu, Retnosari, and E. P. Astutik, “Strategi Pemberdayaan dan Kontribusi UMKM Menghadapi Ekonomi Digital,” “Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Ind. Kreat., pp. 576–594, 2019.

[11] A. Isak, “Exploring Determinants Factors of Contemporary Usage Technology in Medical Sectors," JCRBE (Journal of Current Research in Business and Economics), vol. 4, no. 1, pp. 73-97, 2025.

[12] S. Nurliana, W. Wiryono, H. Haryanto, and S. Syarifuddin, “Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu,” Dharma Raflesia J. Ilm. Pengemb. dan Penerapan IPTEKS, vol. 19, no. 2, pp. 262–271, 2021, doi: 10.33369/dr.v19i2.17789.

Downloads

Published

2025-09-11