Sosialisasi Penggunaan Block Art dari Kodular Untuk Penunjang Kreativitas pada Anggota Inovator Center

Authors

  • Afifah Afrah Amatullah Universitas Bina Darma
  • Dwi Hurriyati Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.33557/055ktv55

Keywords:

Block Art, Kreativitas, Media Digital, Pengembangan Inovasi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengembangkan kreativitas anggota Inovator Center Universitas Bina Darma melalui aplikasi digital Block Art. Metode pelaksanaan berupa pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi Block Art dengan pendekatan pretest-posttest one group design atau pengukuran sebelum dan sesudah intervensi dilakukan, yang bertujuan untuk menilai perubahan atau peningkatan kemampuan peserta akibat perlakuan tertentu pada 10 anggota terpilih. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor kreativitas peserta setelah intervensi, yang terlihat dari perbedaan hasil pretest dan posttest. Aplikasi Block Art terbukti efektif sebagai media digital untuk menstimulasi kelancaran berpikir, fleksibilitas, keaslian, dan elaborasi anggota. Kegiatan ini memperlihatkan bahwa integrasi media digital inovatif dapat menjadi solusi pengembangan kreativitas di lingkungan organisasi pendidikan tinggi. Selain itu, sebagai intervensi jangka panjang, dikembangkan pula media flashcard untuk membiasakan dan memperkuat kemampuan berpikir kreatif anggota secara berkelanjutan.

References

[1] G. Dwi, I. Rochayanti, and N. Emilisa, “Peran Media Sosial dan Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Employee Creativity pada Generasi Z,” vol. 8, no. 3, pp. 2759–2773, 2024.

[2] A. L. Mikraj, J. Wahyu, T. Astuti, I. Agama, and I. Negeri, “Pengembangan Ketrampilan Digital Untuk Menciptakan Inovasi Dan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran,” vol. 5, no. 1, pp. 1114–1126, 2024, doi: 10.55606/jupensi.v2i3.645.2.

[3] S. A. Kusumawati and S. R. Rindrayani, “Tulungagung,” vol. 6, no. 2, pp. 679–687, 2024, doi: 10.37216/badaa.v6i2.1956.

[4] S. Marua and A. Etikariena, “Hubungan Knowledge-Sharing dan Kreativitas Karyawan: Peran Budaya Organisasi Pembelajaran sebagai Moderator,” J. Psikol., vol. 17, no. 2, p. 127, 2021, doi: 10.24014/jp.v17i2.12004.

[5] T. Nurita, L. Yuliati, S. K. Handayanto, A. Hidayat, and P. Saleah, “Case-Based Learning for Creative Thinking Skills on the Ideal Gas Law: Application of the Understanding By Design Framework,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 14, no. 1, pp. 70–82, 2025, doi: 10.15294/jpii.v14i1.16938.

[6] M. Natal, “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Platform Edukasi Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik,” vol. 11, no. 1, pp. 108–119, 2025.

[7] E. R. Arumi and A. Burhanuddin, “Peningkatan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Pelatihan Corel Draw,” J. Pengabdi. Dharma, vol. 1, no. 2, pp. 69–74, 2018, [Online]. Available: http://dharmabakti.respati.ac.id/index.php/dharmabakti/article/view/49

[8] I. Popovych, N. Unhurian, U. Varnava, and I. Bilosevych, “Original Article Comparative research on creativity in juniors ’ motivation structure,” vol. 25, no. 4, pp. 717–726, 2025, doi: 10.7752/jpes.2025.04077.

[9] I. K. Indrajita and I. G. A. Mahayasa, “Pengaruh Kreativitas dan Inovasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT . Tohpati Grafika Utama Denpasar,” vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021.

[10] E. Munastiwi, “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Paint Berbasis IT dalam Pembelajaran,” vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2023, doi: 10.17977/um027v8i12023p1-7.

[11] S. Weiss and O. Wilhelm, “Is Flexibility More than Fluency and Originality?,” J. Intell., vol. 10, no. 4, 2022, doi: 10.3390/jintelligence10040096.

[12] R. Ardhiansyah, N. Fauzaan, and Z. F. Nurhadi, “Pengembangan Kreativitas dan Literasi Media Sosial Youtube melalui Konten Video Bagi Siswa ( Community Service Development of Creativity and Social Media Literacy YouTube through Video Content for Students ),” vol. 4, no. 1, pp. 31–39, 2024.

Downloads

Published

2025-09-12