Branding dan Marketing Streetfood Kebab AM memanfaatkan Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.33557/f466nk14Keywords:
Branding, Instagram, Media Sosial, Sosialisasi, TikTokAbstract
Streetfood Kebab AM merupakan suatu bisnis kuliner yang berlokasi di daerah Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir. Adapun pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berbentuk sosialisasi ini bertujuan untuk branding Streetfood Kebab AM ke masyarakat umum melalui media sosial. Kegiatan yang diawali dengan memanfaatkan zoom meeting sebagai wadah sosialisasi untuk memperkenalkan Streetfood Kebab AM. Pemanfaatan media sosial terhadap pertumbuhan minat dan kemampuan wirausaha mahasiswa, khususnya pada UMKM kuliner kebab dan burger di Tulung Selapan. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan, pelatihan, pendampingan, dan demonstrasi strategi branding serta marketing digital menggunakan Instagram dan TikTok. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman branding, tersusunnya rencana promosi digital, dan meningkatnya interaksi audiens di media sosial mitra. Kesimpulannya, kombinasi pembelajaran kewirausahaan dan optimalisasi pemasaran digital efektif mendorong pertumbuhan UMKM serta membangun brand awareness di era digital.
References
[1] S. D. Cahyani and A. Subarno, “Pengaruh MBKM-Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa,” vol. 2, no. 3, 2023.
[2] M. Di and U. Muhammadiyah, “Analisis Model Adversity Quetient, Self Efficacy, dan Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Kinerja Entrepreneur Muda,” pp. 1–10, 2025.
[3] R. N. Shadrina and Y. Sulistyanto, “Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang ),” vol. 11, pp. 1–11, 2022.
[4] P. Kosmetik, R. Fitriani, M. Rizha, and F. Amin, “Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian,” vol. 9, no. 1, pp. 240–247, 2023.
[5] E. P. Rahayu and S. N. Sulistyowati, “Pengaruh Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha,” vol. 7, no. 1, pp. 12–23, 2022.
[6] I. A. Komang, I. B. Radendra, N. L. Lili, "Instagramable dan Influencer Pengaruhnya terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Milenial ke Pantai Petitenget Kerobokan" M. Mutu, M. Belajar, and D. A. N. K. Merdeka, 2021.
[7] A. P. Waluya et al., “Analysis of the Impact of Storytelling on Audience Engagement Through Increased Viewing Frequency of the Digital Business Study Program Profile Video on Instagram,” 2024.
[8] A. Aputra, Sukmawati, N. Aziz, “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Pergaulan, dan Media Sosial, Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa UKM Kewirausahaan Universitas Muslim Indonesia" vol. 9, no. 1, 2022.
[9] G. R. Tyas, D. A. Ardelia, K. S. Artamevia, U. M. Surakarta, and J. Tengah, “Pengaruh Storytelling Content Instagram Terhadap Audiens Engagement yang Dimediasi oleh Perceived Creativity dan Positive Emotion,” vol. 2, no. 1, pp. 1374–1386, 2025.
[10] H. W. Aripradono, “Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram Instagram Social Media,” vol. 9, no. November, pp. 121–128, 2020, doi: 10.34148/teknika.v9i2.298.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asroel Ramadhan, Poppy Indriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.