https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech/issue/feedJurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology2024-01-22T17:03:53+07:00Rahmat Novrianda, S.T., M.Kom.rahmat_novrianda@binadarma.ac.idOpen Journal Systems<p align="justify"><strong>Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology (JPM ITech)</strong> is a publication form from the results of <strong>Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)</strong>. The PkM activities are devoted to activities that use, discuss or apply Information Technology for PkM Partners. <strong>JPM ITech</strong> will be published 2 times in <strong>March</strong> and <strong>September</strong> with <strong>Print ISSN 2828-5557</strong> and <strong>Electronic ISSN 2829-0364</strong>. This is a collaboration between the Informatics Engineering Study Program and the Computer Engineering Study Program at Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia.</p>https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech/article/view/1966SOSIALISASI BLENDED LEARNING PADA GURU SD NEGERI 15/IX AIR HITAM KABUPATEN MUARO JAMBI2023-10-11T16:12:29+07:00Atri Widowatiatri.widowati@unja.ac.idSukendro Sukendrosukendrodasar@yahoo.co.id<p>Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri 015/IX Air Hitam Kabupaten Muaro Jambi. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu Sekolah SD Negeri 15/IX Air Hitam yaitu kebanyakan guru disekolah tersebut masih banyak menerapkan pembelajaran konvensional atau face to face dan dikarenakan covid 19 ini para guru beralih melakukan pembelajaran dengan sistem daring. Pembelajaran ini dirasa juga masih belum efektif. Pembelajaran yang terjadi adalah dengan siswa mengambil tugas sekolah dan dikerjakan dirumah dan keesokkan harinya tugas tersebut diantar kembali oleh siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada guru terkait <em>Blended Learning</em> yang dapat memudahkan para guru dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu melakukan sosialisasi kemudian memberikan survey untuk melihat sejauh mana kebermanfaatan dari sosialisasi ini. Hasil dari survey tersebut menyatakan bahwa sebanyak 90% para peserta menjawab sosialisasi <em>Blended Learning</em> ini <strong>sangat bermanfaat </strong>dan sebanyak 10% para peserta menyatakan <strong>bermanfaat</strong> sosialisasi Blended Learning ini. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan sosialisasi <em>Blended Learning</em> ini sangat bermanfaat bagi para guru. Berbagai informasi yang telah diberikan juga sangat mendetail sehingga mampu membuat para guru memahami bagaimana sistem pengaplikasian Blended Learning ini nantinya kepada para siswa dan bukan hanya itu saja sosialisasi blended learning ini juga akan memudahkan para guru dan proses belajar mengajar walaupun proses pembelajarannya secara jarak jauh atau daring tetapi para guru masih tetap bisa mengawasi para siswa dan pembelajaran pun tetap bisa aktif.</p>2023-09-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech/article/view/2631OPTIMALISASI PENERAPAN TIK SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PEMERINTAH2023-10-16T10:16:47+07:00Ruliansyah Ruliansyahfreddykurniawijaya_uin@radenfatah.ac.idFreddy Kurnia Wijayafreddykurniawijaya_uin@radenfatah.ac.id<p>Teknologi di pemerintahan masih belum banyak menyentuh ke seluruh aspek bagian pemerintahan, baik tingkat Provinsi hingga Kecamatan. Kegiatan Administrasi di Kecamatan sebagian telah menggunakan sistem informasi, seperti Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Tetapi masih terdapat aktifitas administrasi yang belum menggunakan digital, dan sepenuhnya belum menggunakan TIK. Pengabdian yang dilakukan mulai dari identifikasi hingga menghasilkan output yang bisa dimanfaatkan oleh pihak kecamatan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode Community Based Research (CBR). Metode CBR yang penerapannya diselenggarakan berdasarkan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat, kemitraan/partnership, dan keadilan sosial yang menempatkan masyarakat bukan sebagai subyek penelitian tetapi sebagai mitra kerja sama dan agen perubahan. Pengabdian ini menghasilkan website portal, aplikasi IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat), dan Pemanfaatan Layanan Google Docs. Pengabdian juga dijalankan berupa pembuatan aplikasi IKM, dan bimbingan teknis penggunaan google docs.</p>2023-09-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech/article/view/2571PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN MS. EXCEL PADA SMK PERTIWI PRABUMULIH MELALUI ZOOM MEETING2023-11-07T10:23:09+07:00Frans Habrizonsfranshabrizons@gmail.comNurul Hudanurul_huda@binadarma.ac.idMegawaty Megawatymegawaty@binadarma.ac.idJemakmun Jemakmunjemakmun@binadarma.ac.idPutri Franita Anandafranshabrizons@gmail.com<p>Laporan keuangan merupakan dokumen penting yang berisi catatan keuangan perusahaan baik transaksi maupun kas. Pembuatan laporan keuangan perusahaan dilakukan dalam periode tertentu. tujuan laporan keuangan yaitu untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas. Pelatian ini dilakukan untuk menambah pengetahuan bagi siswa dan siswi SMK Pertiwi Prabumulih agar mereka lebih paham akan pentingnya Laporan Keuangan dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha. Pelatihan ini hanya membahas laporan keuangan mengenai penyusunan jurnal umum, laporan rugi laba dan neraca saldo dan mempraktekkannya menggunakan Aplikasi Microsoft Excel. Pelaksanaan pelatihan ini menggunakan empat tahap, yaitu pengumpulan data, persiapan teknis, pelaksanaan dan evaluasi dan dengan dilakukannya pelatihan ini siswa dan siswi mendapat pengetahuan mengenai akuntansi, laporan keuangan mulai dari jurnal umum sampai neraca saldo dan siswa-siswi pun dapat mengoperasikan komputer dan mempraktekkan laporan keuangan tersebut mengunakan Ms. Excel.</p>2023-10-11T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech/article/view/2636PEMANFAATAN SISTEM KEARSIPAN BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK OPTIMALISASI ARSIP DIREKTORAT INOVASI DAN INKUBATOR BISNIS2023-11-07T10:22:55+07:00Trisninawati Trisninawatitrisninawati20@gmail.comEfan Elpansoefan.elpanso@binadarma.ac.idDarwin Darwindarwin@binadarma.ac.idRama Novita Saritrisninawati@binadarma.ac.idKiki Riansyahtrisninawati@binadarma.ac.id<p>Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pengelolaan penggunaan dan pemanfaatan <em>Google sites</em> dalam mendukung proses pekerjaan kantor pada Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB). Kegiatan ini diharapkan dapat membantu Direktur DIIB dan staffnya untuk memaksimalkan pekerjaan kantor dengan berbasis online. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui pendampingan dengan tahapan pelaksanaan (1) Pendahuluan, (2) Persiapan (3) Pelaksanaan dan (4) Evaluasi. Hasil kegiatan pendampingan ini menghasilkan pekerjaan dapat terselesaikan dengan tepat waktu, memudahkan penelusuran arsip yang diperlukan dengan cepat serta memberikan pelayanan yang maksimal bagi pihak yang membutuhkan data atau arsip. Karena penggunaan google sites ini merupakan ilmu baru bagi seorang arsiparis dengan penyimpanan arsip berbasis digital dan meningkatkan kemampuan DIIB dalam menggunakan platform tersebut.</p>2023-10-16T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech/article/view/2639ANALISA UNIT KEGIATAN MAHASISWA PECINTA ALAM MENGGUNAKAN ZOOM MEETING LINGKUP UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI2023-11-07T13:56:44+07:00Eka Wahyuning Tyasadmin@unpkediri.ac.idIlma Amiliaadmin@unpkediri.ac.idRista Guna Winata Sariadmin@unpkediri.ac.idSeptiana Puji Rahayuadmin@unpkediri.ac.idLuluk Ifa Amrullohadmin@unpkediri.ac.idRibka Triemay Prasastiningsihribkatriemay@gmail.com<p>Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, sebagian besar beranggapan bahwa kegiatan pada Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Pelita (UKM Mapala Pelita) hanya mendaki gunung untuk senang-senang padahal ada beberapa jenis kegiatan lain yang dapat dilakukan seperti konservasi, kegiatan sosial di masyarakat, diklat, panjat tebing, dan lain sebagainya. Untuk menepis anggapan tersebut lantas melalui penelitian ini, peneliti berencana melakukan analisa UKM Mapala Pelita menggunakan Zoom Meeting di lingkup Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa kegiatan Mapala Pelita yang belum terlaksana serta menyelaraskan prespektif mahasiswa mengenai salah satu kegiatan Mapala yaitu mendaki gunung. Untuk keberlangsungan penelitian, metode yang digunakan ialah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni terlaksananya analisa UKM Mapala Pelita menggunakan Zoom Meeting di Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan menghasilkan beberapa temuan terkait kegiatan Mapala yaitu adanya kegiatan Mapala yang belum dapat terlaksana seperti kegiatan lomba Mapala yang diikuti oleh umum pada lingkung internal dan eksternal. Kemudian, perbedaan perspektif mahasiswa pada kegiatan mendaki gunung yang perlu diselaraskan.</p>2023-10-16T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://journal.binadarma.ac.id/index.php/JPM_ITech/article/view/2645PELATIHAN PEMBUATAN BLOG SEBAGAI LOGBOOK MAHASISWA MAGANG DI UNIVERSITAS BINA DARMA2024-01-22T17:03:53+07:00Fauzan Azhimanshikafaugbt99@gmail.comEdi Surya Negarae.s.negara@suryanegara.or.idAde Putraadeputra@binadarma.ac.idRahmat Novrianda Dasmenrahmat_novrianda@binadarma.ac.idRasmila Rasmilarasmila@binadarma.ac.idMuhammad Raihanraihanm699@gmail.com<p>Logbook merupakan sebuah hal yang terpenting sebagai catatan atau dokumentasi dalam suatu kegiatan, tentunya tujuan dengan pelatihan pembuatan blog melalui wordprss menjadi sebuah logbook magang pada mahasiswa universitas bina darma untuk meningkatkan kualitas pengalaman magang serta sebagai hal yang menarik untuk pelaporan secara online. Metode yang dilaksanakan merupan Action Reaseach melalui beberapa teknis didalamnya yang ada yaitu melibatkan serangkaian workshop yang mencakup aspek teknis pembuatan blog dan manajemen konten. PkM dari pelatihan ini ditemukan bahwa mahasiswa magang yang menerapkan blog sebagai logbook mereka memiliki kecenderungan yang lebih baik dalam mencatat pengalaman dan pemahaman mereka. Blog memberi mereka ruang untuk mengekspresikan refleksi pribadi, mempromosikan pemahaman mereka tentang konteks pekerjaan, dan berbagi wawasan dengan sesama mahasiswa magang. Selain itu, blog ini juga membantu dalam mempermudah supervisi dan evaluasi oleh dosen pembimbing magang.</p>2023-10-11T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##