EVEKTIFITAS PENERAPAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) PADA DPMPTSP KOTA LUBUKLINGGAU DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL.V3

Main Article Content

Nizar Firliansa

Abstract

Semakin majunya perkembangan zaman yang sarat dengan pemanfaatan teknologi informasi seharusnya dapat menjadi solusi dalam masalah pelayanan publik yang ada. Teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan menjadi lebih cepat, transparan sehingga pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien. Pelayanan publik berbasis teknologi informasi perlu diterapkan untuk mengurangi resiko terjadinya diskriminasi dalam memberikan pelayanan, ketidakpastiaan mengenai waktu ataupun biaya pelayanan dan tentunya mengurangi pungutan liar yang sering terjadi. Paper ini menjelaskan analisa bagaimana  efektivitas penggunaan Sistem Online Single Submission (OSS) dalam penerbitan izin pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kota Lubuklinggau dengan menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) Versi 3. Online Single Sebmission (OSS) merupakan aplikasi yang digunakan untuk segala proses registrasi dan pengajuan perizinan usaha serta pengajuan perijinan lainnya yang termasuk di dalam layanan perijinan berusaha menurut Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi  Secara  Elektronik  dengan  alamat http://oss.go.id. Hasil dari paper ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah Kota Lubuklinggau untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan dengan harapan pemerintah dapat meningkatkan pelayanan publiknya kearah yang lebih baik di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles