Implementasi Augmented Reality (AR) sebagai Sarana Media Pembelajaran Interaktif Algoritma Pemrograman
Main Article Content
Abstract
Algoritma Pemrograman adalah salah satu matakuliah keahlian dasar yang wajib harus ditempuh oleh mahasiswa teknik informatika di semester 1. Permasalahan yang selalu muncul mahasiswa sulit untuk memahami materi algoritma tersebut. Dari 30 mahasiswa dalam satu kelas yang dapat memahami hanya 50%. Banyak faktor penyebab antara lain background pendidikan mahasiswa yang berbeda-beda jurusan dan belum pernah belajar tentang algoritma program yang bersifat abstrak. Oleh karena itu penulis ingin membangun metode pembelajaran algoritma secara visual. Augmented Reality (AR) adalah satu teknologi yang dapat berkolaborasi dengan cara menghubungkan benda maya 2 atau 3 dimensi kedalam dunia nyata yang dapat dimunculkan serta diproyeksikan secara bersamaan (realtime). Teknologi AR sangat membantu dalam mewujudkan bentuk yang tidak jelas (abstrak) menjadi bentuk yang mudah dipahami. Sedangkan metode dalam membangun AR menggunakan Marker Based Tracking (MBT). dengan menggunakan pendekatan FAST (Feature from Accelerated Segment Test) Cornder Detection. Tujuan dari penelitian ini dapat menerapkan teknologi AR sebagai media pembelajaran yang dapat membantu menjelaskan materi secara visual dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Hasil akhir setelah penerapan AR, tingkat pemahaman mahasiswa naik menjadi 80%. Jadi teknologi AR sangat membantu dalam proses belajar secara interaktif