Sistem Informasi Penjualan Barang berbasis Web Pada PT. Kisel Palembang

Main Article Content

Marlindawati Marlindawati
M. Thomas Rollando

Abstract

Perkembangan dan kecepatan pertumbuhan pelanggan PT. Telkomsel pada tahun 2000 hingga tahun 2010, mendorong Kisel untuk memperluas ruang lingkup usaha. Oleh karena itu, mulai tahun 2010 telah dilakukan transformasi untuk mengembangkan Kisel melalui berbagai inisiatif. Saat ini semakin berkembangnya penjualan/bisnis UMKM counter pulsa dan data di kota Palembang untuk outlet/counter yang berada dibinaan PT Kisel Palembang, sedikit mengalami kesulitan untuk mengetahui barang apa saja yang bisa dipesan, dan apa saja program yang diadakan oleh PT Kisel dan juga pemesanan barang selama ini dilakukan oleh para pemilik counter melalui sales atau langsung datang ke kantor. Cara tersebut tentu saja memiliki kendala, salah satunya adalah para pemilik counter tidak mengetahui daftar barang dan harga yang ditawarkan oleh PT Kisel. Hal ini tentunya akan lebih mudah dan cepat jika adanya suatu sistem informasi yang dapat membantu PT Kisel dalam penjulan barang, pemesanan barang oleh para pemilik counter dan juga menghasilkan laporan yang lebih cepat dan akurat. Sistem informasi yang dibangun telah berbasis web yang memudahkan untuk diakses dimana saja dengan bahasa pemrograman PHP framework Code Igniter dan database MySQL. Adapun beberapa metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan pustaka. Untuk pengembangan sistem ini sendiri menggunakan metode waterfall.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Rasmila, and R. Amalia, “Sistem Informasi Penentuan Persiapan Stok Obat menggunakan Weighted Moving Average,” Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 465-478, 2019.
[2] Krismiaji, Sistem Informasi Akuntansi, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2015.
[3] Rasmila, Darwin, M. D. Permana, and Y. D. Pebriani, “The Plant Marketplace Indonesia in Android on Pagar Alam Nursery,” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), vol 7, no. 1, pp. 225-237, 2021.
[4] M. Tinambunan, and S. Sintaro, “Aplikasi Restfull Pada Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Bandar Lampung,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 3, pp. 312-323, 2021.
[5] P. D. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari,” Speed-sentra penelitian engineering dan edukasi, vol. 3, no. 4, 2017.
[6] E. M. S. Tim, PHP 5 dari Nol, Elex Media Komputindo, 2016.
[7] M. S. Novendri, A. Saputra, and C. E. Firman, “Aplikasi Inventaris Barang Pada MTS Nurul Islam Dumai menggunakan PHP dan MySQL,” Lentera Dumai, vol. 10, no. 2, 2019.
[8] R. Erinton, R. M. Negara, and D. D. Sanjoyo, “Analisis Performasi Framework Codeigniter Dan Laravel Menggunakan Web Server Apache,” eProceedings of Engineering, vol. 4, no. 3, 2017.
[9] B. Raharjo, Belajar Otodidak Framework CodeIgniter, Bandung: Informatika, 2015.
[10] C. Tristianto, “Penggunaan Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan,” Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), vol. 12, no. 1, 2022.
[11] H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurniawan, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian pada SMK Bina Karya Karawang,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 14, no. 4, pp. 159-169, 2020.