Manajemen Tata Kelola IT dengan menggunakan Metode Cobit 4 (Studi Kasus: PT. BTN)
Main Article Content
Abstract
Pesatnya perkembangan TI sudah mulai mempengaruhi setiap aspek kehidupan didunia, terutama dalam proses menjalankan sebuah bisnis di suatu perusahaan. Dengan kehadiran TI yang semakin maju dan canggih serta modern tentunya dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi perusahaan serta menghadapi persaingan di pasar global yang dinamis ini, terkhusus pada industri perbankan. PT. BTN merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang ada di Indonesia yang telah menerapkan TI dalam proses bisnisnya. PT. BTN telah mengimplementasikan TI dalam mendukung kegiatan operasionalnya pada bidang pemasaran, pembelian barang atau Manajemen Inventory, dan layanan pelanggan Framework yang akan digunakan dalam penelitian kali ini adalah COBIT versi 4 terkhusus pada domain Deliver Support (DS). Teknik Pengumpulan Datanya dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan sesuai dengan domain dan Control Objective yang digunakan Metode penulis dalam menganalisa data menggunakan 4 (empat) tahapan, diantaranya yaitu menentukan level domain, menentukan proses kendali, menentukan indikator dan pemetaan tingkat kematangannya. Sehingga hasil dari penelitian ini nantinya akan dapat diketahui tingkat kematangan (maturity lebel) pada proses bisnis yang berjalan di PT. BTN terKhusus pada Domain DS, yaitu berada di titik level 4 (empat) yang sudah terukur, dan terintegrasi antara proses yang berlangsung dan memberikan rekomendasi kepada perusahaan agar penerapan Teknologi Informasi dapat lebih baik, efektif dan efisien.