PENGARUH DIMENSI COMPUTER SELF EFFICACY (CSE) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Penilaian kapabilitas atau kemampuan seseorang dalam pemanfaatan teknologi informasi merupakan konsep dasar dari Computer Self Efficacy (CSE). CSE juga merupakan bagian dari prediktor yang penting bagi mahasiswa untuk mempelajari dan menggunakan sistem komputer. CSE mempunyai tiga dimensi yaitu Computer Based Skills, Media Reated Skills, dan Web Based Skills. Dengan demikian dapat dikatakan CSE dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa yang mempelajari sistem komputer (mahasasiswa ilmu komputer). Dengan pedekatan Structural Equation Modeling, penelitian ini menunjukkan, yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa adalah Computer Based Skills dan Web Based Skills, akan tetapi Media Reated Skills tidak mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa.
Downloads
Article Details
References
Agarwal, R., et al., (2000). Research Report: the Evolving Relationship between General and Specific Computer Self-Efficacy—an Empirical Assessment. Information Systems Research 11(4): 418-430. University of Maryland: Maryland.
Muhammad Bunyamin JBK
Pengaruh Dimensi Computer Self Efficacy (CSE)…139
Compeau, Deborah R. And C.A. Higgins .(1995)., Computer Self Efficacy: Development of Measure and Initial Test, MIS Quartely, Vol. 19, No. 12: www.misq.org/archivst/vol/no19/issue2/vol19n2art4.html - 3k.
Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang:FE UNDIP.
Hair, J.F, Black. W.C, Babin. J. B & Anderson, R.E. 2010. Multivariate Data Analysis : A Global Perspective. Seventh Edition. Pearson Education International. Upper Saddle River: New Jersey.
Handayani, F. (2013), Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.
Rustiana, R. (2004). "COMPUTER SELF EFFICACY (CSE) MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI: TINJAUAN PERSPEKTIF GENDER." Jurnal Akuntansi dan Keuangan 6(1): pp. 29-39. Unika Seogijapranata : Jakarta
Teo, T. and J. Hwee Ling Koh, (2010), Assessing the Dimensionality of Computer Self-Efficacy among Pre-Service Teachers in Singapore: A Structural Equation Modeling Approach, International Journal of Education and Development using ICT 6(3): 718. : University of Macau: Macau.
Warsito, H., (2012), Hubungan antara Self-Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik (Studi pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya), Pedagogi 9(1): 29-47. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.