Analisis Resiko Teknologi Informasi Aplikasi VCare PT Visionet Data Internasional Menggunakan ISO 31000

Main Article Content

Felisia Meini Hutabarat
Augie David Manuputty

Abstract

VCare merupakan aplikasi BITS (Branch IT Service) yang di terapkan untuk menunjang bisnis yang berjalan di PT Visionet Data Internasional. Aplikasi VCare digunakan untuk pendaftaran klien yang akan menggunakan layanan pengadaan mesin, kontrak layanan (full managed service, managed service), pendafaran merchant, perbaikan, dan penarikan mesin EDC (Electronic Data Capture) dari klien PT Visionet Data Internasional. Aplikasi VCare sangat penting bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis nya sebagai perusahaan penyedia layanan. Agar aplikasi ini dapat berjalan secara optimal maka diperlukan sebuah analisa resiko untuk mendokumentasikan berbagai macam kemungkinan resiko yang ada di sekitar aplikasi VCare, serta perlakuan resiko juga diperlukan untuk meminimalisir kemungkinan – kemungkinan resiko yang akan muncul. Kerangka kerja yang digunakan untuk menganalisa resiko pada PT Visionet Data Internasional adalah ISO 31000. Tahap pertama yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap penilaian resiko yang terdiri dari 3 tahapan yaitu identifikasi resiko, analisis resiko, dan evaluasi resiko. Tahap kedua adalah tahap perlakuaan resiko. Sehingga hasil dari analisa resiko yang sudah di lakukan dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mencegah, meminimalisir resiko, serta memperlakukan resiko – resiko tersebut sesuai prioritas level resikonya, sebelum kemungkinan resiko tersebut menghambat bisnis yang ada di perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] T. George, “MANAJEMEN RISIKO PADA BANDARA SOEKARNO HATTA.”
[2] A. Rahmawati, “Jurnal sistem informasi dan tenologi,” Sitech, vol. Vol 1, No, pp. 1–6, 2018.
[3] G. W. Lantang, A. D. Cahyono, and N. Ngalumsine, “Analisis Risiko Teknologi Informasi Pada Aplikasi Sap Di Pt Serasi Autoraya Menggunakan Iso 31000,” Sebatik 2621-069X, vol. 23 No. 1, pp. 36–43, 2019.
[4] I. G. Bagus and W. Putra, “Pemerintahan Dengan Menggunakan Framework Iso 31000 : 2009 of Software Analysis Implementation on Government Environment By Using Iso 31000 : 2009,” 2015.
[5] Nice and Imbar, “Analisis Risiko Teknologi Informasi pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada Website SWIFTS Menggunakan ISO 31000,” J. Inform. dan Sist. Inf. Univ. Ciputra, vol. 02, no. 02, 2016.
[6] S. Agustinus, A. Nugroho, and A. D. Cahyono, “Analisis Risiko Teknologi Informasi Menggunakan ISO 31000 pada Program HRMS,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 3, pp. 250–258, 2017.