EVALUASI KINERJA TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PT. ADICIPTA INOVASI TEKNOLOGI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5

Main Article Content

Steven Steven
Melkior N. N. Sitokdana
Agustinus Fritz Wijaya

Abstract


  1. Adicipta Inovasi Teknologi merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang layanan teknologi informasi. Tugas utama dari PT. Adicipta Inovasi Teknologi adalah memberikan layanan TI kepada masyarakat dan perusahaan yang bekerjasama dengan PT. Adicipta Inovasi Teknologi. Saat ini proses bisnis PT. Adicipta Inovasi Teknologi yang menggunakan komputer masih saja menemui beberapa masalah, seperti server down, database sistem yang tidak terupdate datanya, dan human error. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi terhadap kinerja tata kelola teknologi informasi yang ada sehingga kekurangan tata kelola teknologi informasi pada PT. Adicipta Inovasi Teknologi dapat diperbaiki lebih lagi. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi dari permasalahan penggunaan tata kelola teknologi informasi di PT. Adicipta Inovasi Teknologi. Dalam pelaksanaan evaluasi, digunakan pendekatan dengan COBIT 5 dengan 3 responden dari beberapa divisi PT. Adicipta Inovasi Teknologi dan menggunakan metode mix method serta kuesioner untuk pengambilan datanya. Penelitian ini berfokus pada domain DSS (Deliver, Support, and Service) dengan 6 sub domain yang berbicara tentang pemberian layanan teknologi informasi serta dukungannya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 4 sub domain masih berada di level 1 (Performed Process) dan 2 sisanya berada di level 2 (Managed Process) dan level 3 (Established Process).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

AL-RASYID. ACHYAR, 2015, Analisis Audit Sistem Informasi Berbasis COBIT 5 Pada Domain Deliver, Service, and Support (DSS) (Studi Kasus: SIM-BL di Unit CDC PT. Telkom Pusat. Tbk), Universitas Telkom.

ISACA, 2012, COBIT 5: A Business Framework for Governance & Management i,. USA: IT Governance Institute.

KURNIA. RIO. CANDRA, ATASTINA. IMELDA, FIRDAUS. YANUAR, 2015, Audit Teknologi Informasi menggunakan Framework COBIT 5 Pada Domain DSS (Delivery, Service, and Support) (Studi Kasus: iGracias Telkom University), Universitas Telkom.

ISACA, 2012, COBIT 5 Principles, Process Reference Model.