ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI HASIL BELAJAR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEACHTREE MAHASISWA UNAMA JAMBI
Abstract
This study aims to determine the significant influence of introductory accounting mastery, English vocabulary and computer laboratory facilities on learning outcomes of Peachtree accounting information systems for Unama students. The method used is data collection, namely documentation and tests, the data analysis method used is descriptive and hypothesis testing uses multiple linear regression analysis. This study also uses references from previous studies, namely location, object and dependent variable (y), which are different from previous research. The results of this study indicate that Mastery of introductory accounting, English vocabulary and computer laboratory facilities each have a partial effect on learning outcomes of the Peachtree accounting information system for Unama students, namely indicated by a significant value of 0.038 for the variable of introductory accounting mastery, 0.002 for the vocabulary variable English, and 0.022 for the variable laboratory facilities, each of which shows a value smaller than the significance value of 0.05.
References
Cahyaningtiyas, D., & Hakim., L. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris, Manajemen Waktu, dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar aplikasi Komputer Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 3.
Cahyaningtiyas Yakti Pradhana, L. L. (2013). Pengaruh Kosakata Bahasa Inggris, Dasar Komputer Dan Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Myob. Dinamika Pendidikan, 8(2), 75–84.
Fadzila, E. B. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntasi Indonesia Edisi 7 Tahun 2016, June, 1–17.
Fajarwati, T., & Listiadi, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris Dan Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Myob Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2), 126–130.
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
LELY C, N. (2017). Pengaruh Nilai Pengantar Akuntansi, Computer Attitude, Dan Motivasi Belajar Aplikasi Komputer Terhadap Prestasi Belajar Aplikasi Komputer Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3), 1–7.
Mariani, H. S. M. L. (2022). PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DALAM AKUNTANSI, PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER, DAN PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB. Media Akuntansi, Vol 34 No 01 (2022): Januari-Juni 2022, 86–103. http://jurnal.stiepignatelli.ac.id/index.php/mak/article/view/161/100.
Mayasari, M., & Gudono. (2015). The influence of personal characteristics, interaction: (Computer/individual), computer self-efficacy, personal innovativeness in information technology to computer anxiety in use of mind your own business accounting software. International Journal of Economics and Financial Issues, 5, 286–295.
Rahmatika, F., & Susilowibowo, J. (2016). Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar, Kosakata Bahasa Inggris Akuntansi, dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(3), 1–7.
Rahmawati, P., Listiadi, D., & Agus. (2019). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer Akuntansi, Keahlian Pemakaian Komputer Dan Keefektifan Proses Pembelajaran Pengantar Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi (Myob) Siswa Kelas Xi Program Akuntansi Dan Keuangan Di Smk Negeri 1 Bangkala. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1), 28–33.
Safitri, M. E., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude Dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Myob. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 30–43.
Shobriyyah, M., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh Pengantar Akuntansi, Pembelajaran Daring, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2870–2878. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2617.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. PT. Prestasi Pustaka.
PDF : 230 times
Jurnal Ilmiah Bina Edukasi oleh http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.