UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
The purpose of this study is to describe the efforts in improving science learning outcomes using the cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) in class IV students of SDN 05 Rantau Alai . The method used in this research is Classroom Action Research (CAR). In accordance with the Classroom Action Research (CAR) model, the research procedure consists of 4 stages, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. This research consisted of pre-cycle, first cycle and second cycle. The results of this study indicate an increase in science learning outcomes for fourth grade students of SDN 05 Rantau Alai. This can be seen from the results of cycle I to cycle II, from a 60% percentage increase to 90% with the good group category
References
Budiman, Karjono, Samirah. 2014. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe STAD Siswa Kelas VIB SD Tunas Harapan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi tidak Dipublikasikan.Universitas Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Febriyanto, Galih. 2011. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tanjungsari Rembang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi tidak Dipublikasikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurjanah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Publikasi Pendidikan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Robert E, Slavin. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi ke-2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soedarsono. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenadamedia Group.
PDF : 733 times
Jurnal Ilmiah Bina Edukasi oleh http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.