UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 24 INDRALAYA

  • Nurul Hudah Sekolah Dasar Negeri 24 Indralaya
Keywords: Classroom Action Research (CAR), Discussion Methods, Learning Outcomes, Mathematics

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes using the method of discussion on math in the 6th grade. The subjects in this study were 6th grade students of SD Negeri 24 Indralaya, totaling 27 students. This research was conducted in semester gazal 2019. The research used Classroom Action Research (CAR). This CAR consists of two cycles. The results showed of 27 students of 74, 07% achieved completeness of KKM 70 in Cycle 1. In Cycle II, students who achieved KKM 70 increased by 85.19% with an average grade of 82.59. So, it can be concluded that learning by using discussion methods can improve student learning outcomes in Mathematics

References

Aqib, Zainal. dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD,SLB dan TK.Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jogyakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional. 2006. “Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. (Online). https://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/isi/Permen_22_2006.pdf. Diunduh pada tanggal 16 Oktober 2019.
Diana, Rahma. 2014.“Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V dengan Metode Diskusi pada Sekolah Dasar Negeri 2 Way Kepayang Kedondong Kabupaten Pesawaran TP 2013/2014”. http://digilib.unila.ac.id/2866/.Diunduh tanggal 16 Oktober 2019.
Fatimah, Siti. 2019. “Penerapan Metode Diskusi pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Akkor Palengaan”. Jurnal Sigma, 5(2):59—63. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/594/48. Diunduh tanggal 18 Oktober 2019.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Itnawati. 2016. “Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 2(3):277-282. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2667. Diunduh tanggal 18 Oktober 2019.
Kelembagaan Ristekdikti. 2016. Sistem Pendidikan Nasional. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003. Diunduh tanggal 15 Oktober 2019.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2013. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Saadah. 2017. Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan”. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6 (2): 539—545. https://media.neliti.com/media/publications/258265-penerapan-metode-diskusi-untuk-meningkat-3904b388.pdf. Diunduh tanggal 15 Oktober 2019.
Siagian, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematic Education and Science, 2(1): 58—67. Diunduh tanggal 15 Oktober 2019.
Trianto. 2015. Mendesain Mosel Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Published
2020-02-11
How to Cite
Hudah, N. (2020). UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 24 INDRALAYA. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 42–51. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.788
Section
Articles
Abstract viewed = 1037 times
PDF : 2225 times