BINADARMA TELEVISI SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG

  • Dimas Umboro
  • Ratu Mutialela Caropeboka
Keywords: BinaDarmaTV, Media Pembelajaran, Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan pengetahuan yang telah didapat selama mengikuti studi pada Proram Studi Ilmu Komunikasi, dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut mengenai teori-teori khususnya mengenai TV streaming ke dalam penelitian ini. (2) Menganalisa strategi agar TV streaming diminati dan dimanfaatkan oleh mahasiswa secara optimal. (3) Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sarana apresiasi dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan dan teknologi terutama di lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi. Dibandingkankan dengan sebelumnya informasi didapat masih manual, yaitu dari papan pengumuman yang ada di lingkungan Universitas Binadarma. Saat ini informasi dari TV streaming Binadarma TV bisa diakses dimana saja dan kapan saja melalui komputer ataupun smartphone. (2) Program acara pada Binadarma TV juga berisi tentang materi-materi perkuliahan. Sehingga mahasiswa dapat mengulang kembali materi perkuliahan di rumah atau dimana saja. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman yang lebih lagi terkait materi perkuliahan. (3) Binadarma TV juga menyajikan program TV yang berisi informasi-informasi dari luar kampus. Salah satunya program acara yang membahas tentang sebuah usaha kerajinan tangan di Kota Palembang. Program ini sangat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi penoton. (4) Melalui program acara pada Binadarma TV ini, dapat meningkatkan kualitas perkuliahan, serta meningkatkan hasil capaian akademik mahasiswa.

References

Bandura, A. 1986. Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Gould, Nick dan Mark Baldwin. 2004. Social work, Critical Reflection and the Learning Organization. New York: Ashgate P ublishing.
Robert Craig. 1999. Communication Theory as a Field, Universitas Indiana, Bloomington.
Published
2020-07-07
How to Cite
Umboro, D., & Caropeboka, R. (2020). BINADARMA TELEVISI SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG. Jurnal Inovasi, 14(1), 11-19. Retrieved from https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/view/1395
Section
Articles
Abstract viewed = 40 times
download : 14 times