PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN

  • Cindie Sya'bania Feroza
  • Desy Misnawati
Keywords: Komunikasi, Instagram, @yhoophii_official, Pelanggan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @yhoophii_official
Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana penggunaan media sosial instagram pada akun @yhoophii_official sebagai media komunikasi
dengan pelanggan. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto , video, menerapkan filter digital dan
membagikannnya ke berbagai layanan jaringan termasuk instagram itu sendiri. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan metode
pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Teori yang digunakan pada
penelitian ini yaitu teori New Media oleh Pierre Levy. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Kapten
Marzuki No. 528 C, Palembang, Sumatera Selatan. Informan pada penelitian ini terdiri dari informan
utama dan informan pendukung. Informan utama pada penelitian ini adalah Sri Rahayu Widiyanti selaku
admin dari akun instagram @yhoophii.official. Dua informan pendukung pada penelitian ini adalah Yoza
Dwi Cahaya dan Fitria Wulandari selaku pelanggan dari @yhoophii_official. Hasil penelitian ini diketahui
bahwa akun @yhoophii_official digunakan untuk membagikan informasi mengenai produk, jam operasional
toko, cara berbelanja online, segala hal yang berkaitan dengan Toko Yhoophii Shop, dan menjadi media
komunikasi dengan pelanggan. Pelanggan dapat berinteraksi dengan memberikan pertanyaan melalui akun
@yhoophii_official yang akan dijawab oleh admin.

References

Ardianto, Elvinaro. 2017. Komunikasi Massa
Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Bandung.
Simbiosa Rekatama Media.
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta :RajaGrafindo
Persada
.
Effendy,Onong Uchjana. 2018. Ilmu Komunikasi
Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada
Serba Makna . Jakarta:Prenada Media
Group.
Nisrina , M. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media
Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta :
Kobis
Nurudin.2015. Pengantar Komunikasi Massa.
Jakarta:RajaGrafindo Persada.
Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial Perspektif
Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi.
Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media.
Punaji, Setyosari. 2010.Metode Penelitian
Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta
Kencana
Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian
Komunikasi. Bandung:PT Remaja Rosda
Karya.
Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif
Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta.
Nuha Medika.
Seto Mulyadi dkk, 2019. Metode Penelitian
Kualitatif dan Mixed Method. Depok: PT
RajaGrafindo Persada.
Soyomukti, Nurani. 2017. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Internet:
https://www.pelajaran.co.id/2018/26/pengertian
- karakteristik-fungsi-jenis-dan-dampakmedia-sosial-menurut-para-ahli.html
Diakses Pada hari Selasa, 3 Desember
2019
https://pakarkomunikasi.com/pengertian-mediasosial-menurut-para-ahli Diakses
pada Hari
Rabu , 4 Desember 2019
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/inte
r net/pengertian-media-sosial.htm
Diakses pada Hari Rabu , 4 Desember
2019
Fauziah, Ririn. 2012. Minat Masyarakat Dalam
Mengunakan Media Massa (Studi
Deskriptif di Komplek Banjar Agung
Indah, Kota Serang (Skripi). Serang :
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Serang.
Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi
Pemasaran Melalui Instagram Dalam
Menigkatkan Kepercayaan Customer Di
Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi,
Vol 5 (1
Published
2020-07-07
How to Cite
Feroza, C., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41. https://doi.org/10.33557/ji.v14i1.1397
Section
Articles
Abstract viewed = 3230 times
download : 26806 times