STRATEGI PEMASARAN PRODUK RUMAH KNOCK DOWN PADA MASYARAKAT TANJUNG BATU SEBERANG

  • Ages Riyandi Universitas Bina Darma
  • Desy Misna wati Universitas Bina Darma
Keywords: Strategi Pemasaran, rumah, knockdown

Abstract

Produksi rumah knock down khususnya di wilayah tanjung batu seberang banyak sekali diminati. Kerajinan ini diwariskan turun menurun dari zaman kerajaan seriwijaya hingga saat ini. Permintaan produksi rumah kayu semakin meningkat dari tahun ketahun hal ini ternyata menjadi peluang sehingga banyak kalangan muda tergiur dengan usaha ini. Teori Strategi Pemasaran Kotler dan Armstrong (2004 dalam Varadarajan 2009). Metode penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi Sebagai sumber utama, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian mengacu pada pertanyaan utama : Bagaimana strategi pemasaran produk rumah knock down pada masyarakat Tanjung Batu Seberang ?. Subjek penelitian ini berjumlah 4 orang pengusaha rumah knock down di Kecamatan Tanjung Batu. Dengan dilengkapi 4 informan ini sehingga dapat memperkaya data, hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi  masaran pemasaran di gunakan oleh semua informan dalam memasarkan produksi rumah knock down.

References

Agus, T Prasetyo Hadi. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Vol.1(2)83-96

Diniaty, Dewi dan Agusrinal. 2014. Perancangan Strategi Pemasaran pada Produk Anyaman Pandan. Vol.11(2):175-184.

Effendy, O. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hartono, et al., (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan “Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara sebagai Objek Penelitian. Vol3(2).882-897.

Haryanto, Sindung, 2016, Spektrum Teori Sosial dari Klasik hingga Postmodern. Jogjakarta : AR-RUZZ Media.

Kriyantono ,Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Mas’ari, ahmad., et al. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Price, Product, Place, Promotion) Pada Pt. Haluan Riau. Vol.5(2).79-86.

Shinta, Ir Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Penerbit: UB Press. Malang
Sugiyono.(2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Vandarajan, Rajan. 2010. Strategic Marketing and Marketing Strategi: Domain, Definition, Fundamental Issues and Foundational Premises. Vol(38):119-140
Wibowo, Dimas Hendika et al. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Vol.29(1):59-66

Sumber Online:
Usaha Mikro Kecil Menengah “UMKM”, diakses pada Tanggal 6 September 2014 dari http://www.depkop.go.id
Shofiya Nahliya Alfirdaus, (2018), Analisis Strategi Pemasaran dan Kinerja Ekspor Mebel di P.T Sejati Cipta Surakarta melalui :
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2791/1/SHOFIYA%20NAHLIYA%20ALFIRDAUS.pdf
Siska Mona Sari, (2019), Analisis Strategi Pemasaran 4P Terhadap Produk Tabungan Impian di PT. BRI Syariah Cabang Banda Aceh
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9749/1/SKRIPSI_SISKA%20MONA%20SARI.pdf
Published
2020-12-01
How to Cite
Riyandi, A., & wati, D. (2020). STRATEGI PEMASARAN PRODUK RUMAH KNOCK DOWN PADA MASYARAKAT TANJUNG BATU SEBERANG. Jurnal Inovasi, 14(2), 1–17. https://doi.org/10.33557/ji.v14i2.1698
Section
Articles
Abstract viewed = 64 times
pdf : 100 times