PENGARUH TAYANGAN TERHADAP MINAT MENONTON FILM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

  • Ummi Hanny Universitas Bina Darma
  • Ratu Mutialela Carepeboka Universitas Bina Darma
  • Dwi Maharani Universitas Bina Darma
Keywords: big movies, globaltv, film, learning media

Abstract

: The problem in this research is how the influence of Big Movies Global TV on the interest of watching movies as a medium of learning. The purpose of these research is to determine the influence of Big Movies Global TV on the interest of watching movies as a medium of learning.  (a study in Department of Literature Bina Darma University). Samples of this study were 62 students of the Department of Literature Bina Darma University Palembang are watching Big Movies Global TV. The results of this study can be concluded that there are influence of Big Movies Global TV on the interest of watching movies as a medium of learning. It can be seen from the hypothesis testing results obtained thit 3,369 greater than ttable60) amounted to 1.671 while when viewed by value probability, then the probability value (sig) of 0.001 is smaller than 0.05, then Ho is rejected and H1 accepted.

References

Ardianto, dkk.2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aripuddin, Irfan. 2014. Ensiklopedia Mini: Perkembangan Sejarah Penemuan Televisi. Bandung: Angkasa.

Arsayd, Azhari. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrasindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

_____________________. 2010. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Erdiyana, E. A. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Fiske, John. 2007. Cultural and Communication Studies : Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta : Jalasutra

Kuswandi, Wawan. 2008. Komunikasi Massa : Analisis Interaktif Budaya Massa. Jakarta : Rineka Cipta.

Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach Writing. London: Longman.

Iswandi Syahputra. 2006. Junalistik Infotainment : Kancah Baru Jurnalistik dalam Industri Televisi. Jogjakarta: Pilar Media.

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: PT. Prenada Media Grup.

Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: PT. RajaGrasindo Persada.

Mulyana, Deddy. 2004. Komunikasi Populer: Kajian Komunikasi dan Budaya Kontemporer. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

______________. 2005. IlmuKomunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Prasetyo, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak
Sejak Dini. Yogyakarta: Think Jogjakarta.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sadiman, Arif. S dkk.(2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

__________________.2014.Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2016. Psikologi Umum (Edisi Revisi). Bandung: Pustaka Setia.

Suprapto, Tommy. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi Dan Peran Manajemen dalam Komunikasi. Yogyakarta: CAPS.

Sugiono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuaitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Putra, Fatwa Gunawan. 2008. Tayangan Bioskop Trans TV dan Minat Menonton Film (Studi Koreasional Tayangan Bioskop Trans TV Terhadap Minat Menonton Film di Kalangan Mahasiswa USU). Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Damianus. 2012 . Pengaruh Program On The Spot TRANS7 Terhadap Minat Menonton Anggota Karang Taruna. Skripsi.Jakarta : Universitas Bina Nusantara.

Ahmad Padhillah Pratama. 2013. Media Pembelajaran Menurut Ahli. http://ahmadpadhillah.blogspot.co.id/2013/04/media-pembelajaran-menurut-ahli.html. Diakses pada tanggal 10 Juni 2016.

Ilham. 2015. Film Berbahasa Inggris Untuk Menumbuhkan Minat Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris. http://www.umpalangkaraya.ac.id/dosen/ilham/?p=62. Diakses pada tanggal 10 Juni 2016.

Mokhammad Zakky. 2015.Sejarah Film Dunia dari Masa ke Masa. https://namafilm.blogspot.co.id/2014/07/sejarah-film-dunia.html.Diakses pada tanggal 10 Juni 2016.
Published
2020-07-01
How to Cite
Hanny, U., Carepeboka, R., & Maharani, D. (2020). PENGARUH TAYANGAN TERHADAP MINAT MENONTON FILM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Inovasi, 14(2), 45–53. https://doi.org/10.33557/ji.v14i2.1711
Section
Articles
Abstract viewed = 1493 times
pdf : 877 times