Motif Pengguna Media Sosial Instagram Sebagai Diversi (Hiburan) Dan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Pada Siswa Sma Santo Yosef Lahat
indonesia
Abstract
Internet dan gadget menjadi keseharian bagi setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pengguna media social Instagram. Teori yang digunakan dalam menggali informsi mengenai diversi (Hiburan) dan Pengungkapan diri (Self Disclosure) yaitu Siswa. Teori Devito dan teori Bog dan Taylor. Metode penelitian yang digunkan adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian Siswa-Siswi SMA Santo Yosef Lahat yang intens menggunakan media sosial instagram. Hasil penelitian menjelaskan motif pengguna media sosial Instagram) pada siswa SMA Santo Yosef Lahat adalah sebagai sarana hiburan dan mengungkapkan diri melalui browsing, searching, atau log in akun pribadi social media. Selain itu, penggunaan media sosial yang berlebihan juga dapat mengubah gayh idup, bahkan mengubah cara berperilaku, berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Kemudian media sosial ini juga memiliki manfaat yang positif bagi pelajar yaitu dalam hal belajar, siswa SMA Santo Yosef Lahat mengatakan bahwa facebook memungkinkan mereka untuk berhubungan dengan guru dan siswa lainnya lewat hubungan pertemanan, berbagi pengetahuan, berbagi perasaan dengan teman, bergabung dengan grup-grup yang dibuat untuk mata pelajaran tertentu.
References
Agustina. (2016). Analisis penggunaan media sosial instagram terhadap sikap konsumerisme remaja di sma 3 samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 410-420.
Ahmad, N. S., Hashim, N. H., & Aman, R. C. (2009). Ekspresi emosi dan cara remaja mengawal emosi : satu kajian rintis. Jurnal Psikologi Malaysia, 23, 39–47. AM, M. (2015). Angket pengungkapan diri (self expression) dan pengembagan pembelajaran bk di sekolah. Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 224-229.
Andarwati, I. (2016). Citra diri ditinjau dari intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram pada siswa kelas xi sma n 9 yogyakarta. E Journal Bimbingan Konseling, 5, 1-12.
APJII. (2014). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Puskakom. Retrieved from https://www.apjii.or.id/survei2016 APJII. (2016). Infografis: penetrasi dan perilaku pengguna internet indonesia, 1– 34.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik.Edisi revisi ke-10.
Jakarta: PT Rineka Cipta
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Komunikasi, 3(2), 1–16.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, dan R & D).
Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.