POLA KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PT.POS INDONESIAWILAYAH KOTA PALEMBANG

indonesia

  • Resti Agustina Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi, Pelayanan, Kantor Pos

Abstract

Abstract, Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Pelayanan publik PT.Pos Indonesia
wilayah Kota Palembang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi
pelayanan publik di PT.Pos Indonesia yang berada dikota Palembang dengan melihat teori
komunikasi pelayanan komunikasi, bagaimana pola pelayanan yang seharusnya dipraktekkan di
instansi pemerintah khususnya PT.Pos Indonesia. Dengan metode penelitian yang digunakan oleh
peneliti pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan untuk
pengumpulan data menggunakan metode dengan Cara wawancara, observasi serta dokumentasi.
Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teori Komunikasi Pelayanan publik.
Lokasi penelitian ini terletak dijalan Merdeka No. 3 19 ilir Kecamatan Bukit Kecil, 19 ilir Barat 1,
Kota Palembang, Sumatera Selatan 30132. Saat ini PT Pos Indonesia sudah menerapkan budaya
5s (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) tujuan diberlakukannya ini untuk memberikan
kenyamanan kepada nasabah yang datang atau berkunjung ke Kantor Pos. Dan dengan adanya
aplikasi giro mobile yang dimiliki PT Pos Indonesia, tujuan dengan adanya aplikasi ini adalah
untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi tanpa harus mendatangi kantor pos. Hasil
penelitian ini adalah praktek komunikasi yang terdapat dikantor pos sesuai dengan teori pola
komunikasi pelayanan publik yang mengatakan fungsi utama dari pemerintah adalah memberikan
pelayanan yang baik untuk mengatur dan mengurus masyarakat, dan PT Pos yang merupakan
Instansi milik pemerintah Indonesia sendiri selalu memberikan inovasi yang terbaik untuk
kenyamanan dan kemudahan dimasyarakat dalam berinteraksi dengan sesama

Author Biography

Resti Agustina, Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

References

Alo Liliweri, 2009, Dasar-dasar Komunikasi
Antarbudaya, Cet. IV, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Burhan Bunin, 2008 penelitian Kualitatif,
Jakarta: kencana pranada media group.
Cangara Hafied. 2006 Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo
Persada.
Cangara Hafied, 2011 Pengantar Ilmu
Komunikasi, Cet. XII, Jakarta: PT.Raja
Grafindo.
Deddy Mulyana, 2010 Ilmu Komunikasi
Suatu Pengantar, Cet. XIV, Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya,.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan,
1996. Kamus Besar Bahasa
Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,.
Dwiyanto, Agus. 2011. Manajemen
Pelayanan Public. Yogyakarta: Gadja
Mada University Press
Eko Harry Susanto, 2010 Komunikasi
Manusia Esensi dan Aplikasi dalam
Dinamika Sosial Ekonomi Politik,
Edisi.I, Jakarta: Mitra Wacana Media,
Fajar Marhaeni, 2009 Ilmu Komunikasi
&Praktek, Yogyakarta: Graha Ilmu,
Hardiansyah,2015. Komunikasi Pelayanan
Public Konsep dan Aplikasi.
Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Hardiansyah,2015. Undang-Undang
Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit
Gava Media.
Ian Dey, 1995 Qualitative Data Analysis,
New York, RNY.
Lexy, Y. Moleong, 2002
Metodologi Penelitian
Kualitatif,Bandung:Rosda Karya.
Muhammad Budyatna dan Leila Mona
Ganiem, 2011 Teori Komunikasi
Antarpribadi, Cet. I, Edisi. I, Jakarta:
Kencana,
Mukhtar, 2006 metode Praktis Penelitian
Deskriptif Kualitatif, Jakarta: GP Press
Group, 2013.Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Published
2022-05-24
How to Cite
Agustina, R. (2022). POLA KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PT.POS INDONESIAWILAYAH KOTA PALEMBANG. Jurnal Inovasi, 16(1), 42–29. https://doi.org/10.33557/ji.v16i1.2221
Section
Articles
Abstract viewed = 192 times
pdf : 441 times