STRATEGI HUMAS PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA SELATAN, JAMBI DAN BENGKULU (S2JB) DALAM MENGATASI KOMPLAIN MASYARAKAT TERHADAP PEMADAMAN LISTRIK DI WILAYAH PALEMBANG
Abstract
The Blackout in Palembang region causes anger and disappointmen in society,.Which, caused complaints to PLN to get their electricity service back. The complain which comes from society accepted by call center 123 and Public Relations (PR) of PLN. The question of this research is how the strategy of Public Relation of PLN in handling complain of society about the turning off of Power in Palembang region? This research used decriptive qualitative method. The subject of this research is PR of PLN WS2JB Palembang. The focus of this research is the strategy of PR of PLN WS2JB in handling complain of society. after doing the lastview research is, the result that we get is PR of PLN WS2JB providing the place how to complain in verbal or non-verbal, and then do coorporation with Corporate Social Responsibility (CSR), Then giving information schedule of the turning off of power and electricity through media and legal letter by PLN for Giant customer, and the last one is apologize to the society if the power turned off suddenly/ accidently without informing in media, whether electronic media, social media, and print media.
Pemadaman Listrik di wilayah Palembang membuat masyarakat menjadi kesal dan marah sehingga berdampak complain kepada pihak PLN agar menyalakan listrik secepatnya. Complain yang datang dari masyarakat diterima oleh call center 123 dan Humas PLN. Pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Humas PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) dalam Mengatasi Komplain Masyarakat Terhadap Pemadaman Listrik di Wilayah Palembang: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Humas PLN WS2JB Wilayah Palembang. Fokus penelitian adalah Strategi Humas PLN WS2JB dalam mengatasi complain masyarakat. Hasil Penelitian yang didapat adalah Humas PLN WS2JB menyediakan tempat pengaduan complain lisan dan non lisan, kemudian bekerja sama dengan Corporate Social Respondsblity (CSR), lalu memberikan informasi mengenai pemadaman listrik terencana melalui media dan surat resmi dari PLN untuk pelanggan tingkat besar, strategi yang terakhir meminta maaf kepada masyarakat bila terjadi pemadaman yang tidak terencana melalui media cetak, elektronik dan media sosial
Download PDF : 817 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.