STUDI DRAMATURGI: KOMUNIKASI PEMASARAN PEDAGANG ASONG DI BIS
Abstract
The phenomenan of street vendors, especially those on the bus, has its own characteristics in affering merchandise. This little research aims to explore the experience and management of persuasion of street verndors while on the bus. The results of the study show that bidding attraction is a medium of persuasion that allows them to make a bid with a certain duration. Each trader has a different time allocation in doing his attractions, depending on the type of goods being sold. Attraction offers made in line with the concept of impression management, role distance and strategic interaction proposed by Erving Goffma.
Fenomena pedagang asong, khususnya yang berada di atas bis memiliki ciri khas tersendiri dalam menawarkan daganganya. Penelitian kecil ini bertujuan untuk menggali pengalaman dan pengelolaan persuasi para pedagang asong selama berada di atas bis. Hasil penelitian menunjukkan atraksi penawaran merupakan media persuasi yang memungkinkan mereka melakukan penawaran dengan durasi waktu tertentu. Setiap pedagang asong memiliki alokasi waktu yang berbeda dalam melakukan atraksinya , sangat tergantung pada jenis barang yang dijajakan. Atraksi penawaran yang dilakukan sejalan dengan konsep impression management, role distance dan interaction strategic yang dikemukakan oleh Erving Goffman.
References
Download PDF : 386 times
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.