Analisis Penerapan Metode Algoritma Apriori Untuk Melihat Minat Pengunjung Pada Objek Wisata Kota Palembang

  • Astri Cahaya Plangi Universitas Bina Darma
  • Tri Basuki Kurniawan Universitas Bina Darma
Keywords: Apriori Algorithm, Classification, WEKA

Abstract

The management of tourist destinations in Palembang City is managed by the Dinas Pariwisata, Tourism in Palembang City is classified into 3 Tourism, namely Nature Tourism, Cultural History Tourism, and Special Interests. However, Dinas Pariwisata has not seen the pattern of interest of visitors from grouped tours. This makes the authors want to determine the patterns of interest of the respondents by distributing questionnaires to 100 respondent. The results show that there are 10 rules established by the WEKA application with a minimum support value of 5% and a minimum confidence value of 50%. The results of the pattern formed are Al-Qur'an Al-akbar, Musi River, and Ampera Bridge with a confidence value of 90%.

References

[1] D. K. Pariwisata. (2014, 25 february 2020). Palembang Tourism. Available: https://www.palembang-tourism.com/
[2] G. I. Marthasari, "IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK EKSTRAKSI ATURAN DARI DATA KUNJUNGAN WISATAWAN DI TAMAN WISATA SENGKALING," in Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa), 2018.
[3] D. Anggraini, S. A. Putri, and L. A. Utami, "Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong," JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, pp. 302-308, 2020.
[4] R. Rezkiani, "IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN MEREK SEPATU YANG DIMINATI PADA MAHASISWA PASCASARJANA KELAS 14.1 A. 01 STMIK NUSA MANDIRIJAKARTA," Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, vol. 2, pp. 49-INF. 56, 2016.
[5] A. Zahra, "PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI ATURAN ASOSIASI PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SINAR CELLULAR RIMBO BUJANG," STIKOM DINAMIKA BANGSA, 2019.
[6] Y. Wahyuningtias and R. Rusdiansyah, "ANALISIS PENERAPAN ASOSIASI UNTUK MENENTUKAN TRANSAKSI PENJUALAN PADA WHAT’S UP CAFÉ DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI," Jurnal Riset informatika, vol. 1, pp. 181-186, 2019.
[7] D. Pratiwi, "PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN TASK MARKET BASKET ANALYSIS PADA TRANSAKSI PENJUALAN BARANG DI AB MART DENGAN ALGORITMA APRIORI," STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, 2019.
Published
2020-12-01
How to Cite
Plangi, A., & Kurniawan, T. (2020). Analisis Penerapan Metode Algoritma Apriori Untuk Melihat Minat Pengunjung Pada Objek Wisata Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(3), 286–292. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i3.1056
Section
Articles
Abstract viewed = 500 times
PDF : 440 times