ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-LEARNING DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

  • Theresiawati Theresiawati UPN "Veteran" Jakarta
  • Ati Zaidiah
  • Ria Astriratma
  • Henki Bayu Seta
Keywords: ServQual, AHP, e-Learning, Service quality

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pengembangan dan implementasi e-learning pada suatu perguruan tinggi adalah kepuasan pengguna baik dosen maupun mahasiswa. E-learning merupakan metode pembelajaran untuk menunjang proses kegiatan belajar yang dilakukan secara daring. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas layanan blendeed learning menggunakan metode ServQual (Service Quality) dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode ServQual untuk mengetahui persepsi dan harapan pengguna blendeed learning berdasarkan perspektif mahasiswa berdasarkan dimensi assurance, empathy, responsiveness, reliability, usability dan informativeness. Untuk meningkatkan kualitas layanan e-learning perlu dilakukan pengukuran kualitas layanan dengan menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality), melakukan perhitungan gap skor antara penilaian kualitas layanan yang dirasakan (kinerja) dengan kualitas layanan yang diharapkan. Sedangkan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mengetahui nilai pembobotan dari setiap variabel yang digunakan dalam penelitian. Sehingga upaya peningkatan kualitas pendidikan perguruan tinggi khususnya dapat memenuhi tuntutan dan kepuasan pengguna.

Published
2021-04-06
How to Cite
Theresiawati, T., Zaidiah, A., Astriratma, R., & Seta, H. (2021). ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-LEARNING DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Jurnal Ilmiah Matrik, 23(1), 46–59. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i1.1201
Section
Articles
Abstract viewed = 1161 times
PDF : 1039 times