Desain Tampilan Aplikasi Sistem Pelayanan Masyarakat Desa Dengan Metode Goal-Directed Design

  • Anita Muliawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tri Rahayu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Intan Hesti Indriana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Kraugusteeliana Kraugusteeliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Aplikasi, Pelayanan Desa, User Interface, Goal-Directed Design, System Usability Scale

Abstract

Desa merupakan tonggak awal dari suksesnya pemerintahan, semua data-data pemerintahan berawal berasal dari desa yang nanti data tersebut diproses lebih lanjut. Dengan demikian dibutuhkan suatu aplikasi agar data tersebut dapat diproses dengan mudah. Banyaknya kendala yang dialami oleh desa, khususnya desa sukamanah diSerang banten. Dimana pelayanan merupakan bagian dari permasalah yang sering terjadi dikarenakan  masih menggunakan pelayanan yang bersifat manual. Komputer yang pada desa sukaman Serang banten Hanya sebagai proses penyimpanan data, namun kegiatan pelayanannya warga masih harus datang dan kadang dalam mengurus kartu keluarga warga bisa beberapa Kali harus datang ke desa tersebut. Sehingga diharapkan dengan adanya aplikasi pelayanan desa membuat proses pelayannya kepada warga desa menjadi lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pelayanan masyarakat desa berdasarkan kebutuhan pihak desa Sukamanah pada sistem informasi desa dengan menggunakan metode Goal-Directed Design yang terdiri dari 6 fase.  Fase research, mencari kebutuhan sistem yang diinginkan oleh pengguna. Fase modelling,mencari karakteristik pengguna dengan membuat user persona. Fase requirement, menghasilkan skenario pengguna dan menjelaskan kebutuhan sistem dengan menggunakan Hierarchical Task Analysis. Fase framework definition, membuat struktur antar muka dalam bentuk wireframing. Fase refinement, menyempurnakan struktur antar muka ke bentuk high-fidelity. Fase development support, merupakan fase pengujian kualitatif kepada pengguna dengan menggunakan penilaian berdasarkan System Usability Scale (SUS) untuk mendapatkan umpan balik terhadap prototype sistem informasi desa yang sesuai dengan kebutuhan.

References

Christianisa, E. Delima, R. & Herlina, T., Game Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Metode Goal Directed Design. Informatika, 10.92-102. 2014.

H.N, I. A., Nugroho, P. I., & Ferdiana, R., “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 17(1), 31. 2015.

Arifin, Y. Pengenalan Tentang Persona. Diambil kembali dari school Of Computer Science. 2016.

Ichsan, M.F., Sabariah, M.K., & Effendy, V., “Modeling the User Experience of Interactive Media Application in Introduction to Drawing for Early Childhood Education Using Hierarchical Task Analysis Method,”. 2015.

Available : http://journal.uad.ac.id/index.php/Edu

Mauladi, & Suratno, T., “Analisis Penentu Antarmuka Terbaik Berdasarkan Eye Tracking pada Sistem Informasi Akademik Universitas Jambi,” Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, 18, 64-68. 2016.

Rasmila., “Evaluasi Website Dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Palembang,” JUSIFO : Jurnal Sistem Informasi, 02(Vol 2 No 1 (2018): JUSIFO), 108–121. 2018.

Maulana, Y., “Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Jawa Timur Park Group Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(7), 7159–7165. 2019.

Tejamukti, A. A., Az-zahra, H. M. and Rokhmawati, R. I., “Pengembangan Antarmuka Website PPPA Daarul Qur ’ an Malang Dengan Menggunakan Metode Goal Directed Design,” Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), pp. 6277–6285. 2018.

David, L., Pengertian, Implementasi, dan Pemanfaatan User Experience dalam Bidang TIK. 2016. Available : https://mhs.blog.ui.ac.id/. [accessed: 20 April 2021]

Kurniawan, A., “Chabibi, M. and Dewi, R., ‘Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web Dengan Metode Prototyping Pada Desa Leran,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(1). 2020.

Published
2021-09-02
How to Cite
Muliawati, A., Rahayu, T., Indriana, I., & Kraugusteeliana, K. (2021). Desain Tampilan Aplikasi Sistem Pelayanan Masyarakat Desa Dengan Metode Goal-Directed Design. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(2), 229–238. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i2.1420
Section
Articles
Abstract viewed = 1742 times
PDF : 1314 times