PENGEMBANGAN APLIKASI MONITORING KELUHAN PELANGGAN MYREPUBLIC PALEMBANG

  • Nyimas Sopiah Universitas Bina Darma
  • Bayu Sutopo Universitas Bina Darma

Abstract

Keluhan pelanggan merupakan salah satu indikator, gejala, dan tanda adanya ketidakpuasan atas produk atau layanan perusahaan. Hal ini mengakibatkan banyak pelanggan yang merasa kurang puas karena proses tanggapan dan penanganan keluhan memakan waktu yang cukup lama. Proses yang lama ini disebabkan oleh karena kantor cabang Myrepublic Kota Palembang belum memiliki sistem layanan keluhan pelanggan secara tersendiri, sehingga untuk menangani semua laporan keluhan masih di limpahkan ke Kantor Pusat Jakarta. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, dengan membangun sebuah aplikasi  monitoring yang dapat mengelola penanganan keluhan pelanggan Myrepublic Kota Palembang. Sehingga pelanggan dapat mengajukan laporan keluhan secara langsung tanpa harus melalui kantor pusat Myrepublic Jakarta. Dengan demikian akan memudahkan dan mempercepat waktu proses penanganan keluhan. Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan monitoring atau pengawasan untuk kasus perbaikan yang memakan waktu yang lebih dari satu hari. Dengan demikian pelanggan akan merasa nyaman dan betah untuk tetap menggunakan layanan Myrepublic. Sistem yang dibangun dengan menggunakan metode Web Engineering dan bahasa pemrograman PHP, serta menggunakan MySQL sebagai bahasa pemrograman database.

References

Kaihatu, T. S., Daengs, A., & Indrianto, A. T., Manajemen Komplain. YOGYAKARTA: CV. Andi Offset, 2015.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi, 2002.

Fathansyah, Buku Teks Komputer Basis Data, Bandung: Informatika, 2007.

Rachman Hidayat dan Lona Listianingsih, “Peracangan Sistem Keluhan Pelanggan Berbasis Web E-RCM dengan Model Waterfall pada PT Unggul Cipata Teknologi,“ Jurnal Sinkron, vol 2 no 2, April 2018, pp. 112-118.

Casro, Yuli Purwati, Gustin Setyaningsih, Adam Prayogo Kuncoro, “Rancangan Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter di Indotechno Purwokerto,” Jurnal Sains dan Informatika vol.6 no.2 November 2020, pp. 166-174.

Budi Setiadi, Johan Wahyudi, “Aplikasi Monitoring Pengaduan dan Keluhan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Area Banjarmasin Berbasis Web,” Jurnal Technologia, vol.11 no.4, Oktober 2020, pp. 234-239.

Dewa Putu Yudhi Ardiana, I Made Shaja Dwiputra, “Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelanggan di Rumah Sakit Umum Surya Hushada Denpasar Berbasis Web, Jurnal Matrik, vol.18 no.2, Mei 2019, pp. 257-267.

Published
2022-01-06
How to Cite
Sopiah, N., & Sutopo, B. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI MONITORING KELUHAN PELANGGAN MYREPUBLIC PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(3), 303–309. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i3.1518
Section
Articles
Abstract viewed = 431 times
PDF : 274 times