KOMPARASI METODE E-SERVQUAL DAN EUCS UNTUK MENGANALISIS TINGKAT KEPUASAN DOSEN DALAM PERKULIAHAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 BERBASIS LMS DI UMKT

  • Taghfirul Azhima Yoga Siswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Naufal Azmi Verdikha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Learning Management System, E-Servqual, EUCS, User Satisfaction

Abstract

Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) merupakan universitas yang mengusung konsep IT-Based Paperless University berupaya menerapkan perkuliahan online yang ideal dengan menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis website / mobile yang bekerja sama dengan Openlearning.com Australia. Harapannya proses belajar mengajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu namun tetap mengedepankan standar dan kualitas perkuliahan yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yaitu dosen sebagai pengguna LMS Openlearning dan dilakukan pemilihan responden dengan teknik random sampling dan rumus slovin sehingga didapatkan 114 orang untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Kuesioner yang disebarkan terdiri dari dua instrumen yaitu berdasarkan dimensi metode EUCS dan E-ServQual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kepuasan dosen dalam menerapkan openlearning untuk proses perkuliahan online yang diukur dengan komparasi analisis pendekatan metode EUCS dan E-ServQual serta gap antara kedua kuesioner tersebut, sehingga harapannya dapat memberikan hasil rekomendasi bagi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur untuk mengevaluasi keberhasilan perkuliahan online yang sudah berjalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan dosen UMKT dalam perkuliahan online berbasis LMS Openlearning menggunakan metode EUCS sebesar 78,33% dengan selisih sebesar 9,98% sedangkan saat menggunakan metode E-ServQual tingkat kepuasan pengguna sebesar 73,15% dengan selisih sebesar 8%. Dari hasil analisis komparasi kedua metode tersebut didapatkan persentase kepuasan pengguna menggunakan metode EUCS lebih tinggi daripada metode E-ServQual walaupun memiliki range kategori yang sama yakni puas.

References

M. B. Suryawan and P. Prihandoko, “Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 3, p. 233, 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i3.113.

M. Rahmawita, Y. Kartika, and Megawati, “Analisis Kualitas Layanan Portal Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode E-Servqual Pada Fkip Universitas Riau,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 67–72, 2018.

D. Novita, “Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 29–41, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i1.290.

D. Diana, “Penerapan Metode E-Servqual Untuk Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi,” J. Ilm. Matrik, vol. 17, no. 1, pp. 43–52, 2015.

F. K. Agustia, Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna OPAC Pada Perpustakaan Universitas Riau Dengan Metode EUCS. 2020.

T. Husain and A. Budiyantara, “Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 164–176, 2018, doi: 10.35957/jatisi.v4i2.99.

S. Siregar, Metode penelitian kuantitatif : Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana, 2017.

B. Simamora, Analisis multivariat pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i1.1645.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., pp. 259–274, 1988, [Online]. Available: https://doi.org/10.2307/248851.

M. S. Omar, H. F. Ariffin, and R. Ahmad, “Service Quality, Customers’ Satisfaction and the Moderating Effects of Gender: A Study of Arabic Restaurants,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 224, no. August, pp. 384–392, 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.05.393.

K. Suprapta, “Analisis kepuasan mahasiswa terhadap sistem pemilihan konsentrasi dengan menggunakan metode EUCS,” J. Sist. Dan Inform., vol. 13, no. 1, pp. 6–11, 2013, [Online]. Available: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/186.

Published
2021-12-20
How to Cite
Yoga Siswa, T., & Verdikha, N. (2021). KOMPARASI METODE E-SERVQUAL DAN EUCS UNTUK MENGANALISIS TINGKAT KEPUASAN DOSEN DALAM PERKULIAHAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 BERBASIS LMS DI UMKT. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(3), 239–250. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i3.1525
Section
Articles
Abstract viewed = 1000 times
PDF : 836 times