“My Nihon” Multimedia Interaktif Pengenalan budaya Jepang

  • Qoriani Widayati Universitas Bina Darma
  • Agin padllyanto Universitas Bina Darma
Keywords: Multimedia interaktif, jepang, MDLC, Adobe Flash CS6

Abstract

Budaya Jepang adalah salah satu budaya asing yang sangat disukai masyarakat indonesia saat ini. salah satu media pembelajaran yang banyak dipilih oleh masyarakat indonesia adalah melaui hobi seperti menonton film dan bermain game jepang, hal ini dipilih karena media pembelajaran tersebut lebih interaktif jika dibandingkan belajar melalui artikel di internet dan buku. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan dibuatnya aplikasi pengenalan budaya jepang berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6. Metode yang digunakan untuk merancang aplikasi pengenalan budaya jepang ini yaitu menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi multimedia interaktif yang berupa animasi motion graphic yang dapat mempermudah dalam proses belajar, dimana pengguna bisa berinteraksi dengan fitur pembelajaran dan tidak hanya mendapatkan materi saja.

References

Putra, R.,& Dewi, R, ”Pengembanagn Media E-Book Interaktif pada Sub Materi Permintaan, Penaaran dan Harga Keseimbangan”, Jurnal Pendididkan Ekonomi (JUPE), Vol. 9, No. 1, pp 1-7, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. CV Alfabet Suryana, 2018.

Husni, M. D., & Permana, S., Implementasi Model Luther pada Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android. Jurnal VOI (voice of informatics), 5(2). 2016.

Munir., Multimedia konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung. Alfabet. 2015.

Limbong, T & Simarmata., Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yayasan Kita Menulis. 2020.

Armanda, E.Z.,& Putra, R.W., Implementasi Multimedia Interaktif pada PAUD Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. IDEALIS: Indonesia Journal Infrmatika System,I (5), 393-400. 2018.

Suryana, Dayat., Belajar android studio untuk pemula. Indonesia Dayat Suryana Independent. 2018.

Wongso, Viria.,O., Halim. (2018). “Pengenalan Mobile” https://sis.binus.ac.id/2018/02/13/pengenalan-mobile/ , diakses pada 25 Februari 2022

Published
2022-04-26
How to Cite
Widayati, Q., & padllyanto, A. (2022). “My Nihon” Multimedia Interaktif Pengenalan budaya Jepang. Jurnal Ilmiah Matrik, 24(1), 61–70. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v24i1.1687
Section
Articles
Abstract viewed = 236 times
PDF : 212 times