Sistem Informasi Hubungan Pelanggan Pada PT. Toko Gaya Baru Palembang

  • Muhammad Denny Febrian Universitas Bina Darma
  • Merry Agustina Universitas Bina Darma
Keywords: Sistem, Informasi, Pelanggan, CRM

Abstract

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan bagi suatu perusahaan merupakan suatu kondsi yang sangat penting, karena loyalitas pelanggan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan tersebut. Loyalitas pelanggan bai PT. Toko Gaya Baru juga merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan kemanjuan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistema informasi hubungan pelanggan guna menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode iterasi dengan mengimplementasi konsep Customer Relationship Management (CRM). Hasil penelitian ini adalah sistema informasi hubungan pelanggan yang memfasilitasi semua kebutuhan user yang bisa menggunakan yaitu admin, pimpinan dan pelanggan.

References

Wihelmina, E. S., Chandra, E., Rusbandi, & Sitohang, F.P., “Sistem informasi manajemen hubungan pelanggan berbasis website pad CV. Putra Hatim Pratama Palembang,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), x, 1-9. 2018.

Zakaria, H., & Marlua, A. E., “Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 2(2),66. 2019.

H. Hasanah., “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, p. 21, Jan. 2017. doi:10.21580/AT.V8I1.1163.

S. Setiawan, “Pengertian Wawancara, Teknik, Langkah, Jenis, Tujuan & Contoh,” [Online] Available : https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-wawancara/. [Accessed: 10-Aug-2017].

A. Kurniawan.,“Metode penelitian kepustakaan (library research) : kajian filosofis, teoritis dan aplikatif,” [online] Available : https://www.library.usd.ac.id/web/index.php?pilih=search&p=1&q=0000144987&g o=Detail [Accessed: 03-Juli-2019].

A. Hidayat, “Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap,” [online] Available: https://www.statistikian.com/2016/10/pen elitian-kualitatif.html [Accessed: 13-Mei-2016].

Al Mudzakir, T., & Bakar, A., Desain Dan Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web (Studi Kasus : Toko Baju Ladya). Systematics, 2(1), 1. https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3444. 2020.

Published
2022-05-20
How to Cite
Febrian, M., & Agustina, M. (2022). Sistem Informasi Hubungan Pelanggan Pada PT. Toko Gaya Baru Palembang. Jurnal Ilmiah Matrik, 24(1), 96–103. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v24i1.1694
Section
Articles
Abstract viewed = 315 times
PDF : 233 times